25 radar bogor

Manfaat Mengomsumsi Roti, Alternatif Pengganti Nasi

ilustrasi Roti (Freepik)

BOGOR-RADAR BOGOR, Roti merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai pengganti nasi. Salah satu roti favorit dan populer yang sering dikonsumsi adalah roti coklat. Roti coklat menjadi salah satu sarapan pokok untuk kebanyakan orang dan sering dipadukan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya seperti berbagai jenis telur matang serta beberapa hanya meminumnya dengan segelas susu.

Baca Juga: Cara Terbaru Buat SKCK Online 2024, Wajib Ada BPJS Kesehatan

Dilansir dari Healthshots, ahli gizi Ekta Singhwal mengatakan roti coklat adalah jenis roti yang biasanya dibuat dari tepung gandum utuh, yang mengandung dedak, kuman, dan endosperma dari biji gandum. Perbedaan utama antara roti coklat dan roti tawar terletak pada jenis tepung yang digunakan.

Roti coklat terbuat dari tepung gandum utuh yang mengandung lebih banyak nutrisi dan serat, sedangkan roti tawar terbuat dari tepung olahan yang membuatnya kekurangan beberapa unsur nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian utuh.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi roti coklat, antara lain:

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Roti kaya akan serat yang penting untuk kesehatan pencernaan sehingga mampu membantu mencegah terjadinya sembelit.

  1. Membantu mengatur berat badan

Serat dalam roti coklat meningkatkan rasa kenyang, hal ini membantu orang yang mengkonsumsinya memperoleh pengendalian berat badan.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Serat membantu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa. Jadi, bermanfaat juga bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Pemanfaatan Layanan Naik Drastis, Kondisi Keuangan BPJS Kesehatan Masih Sehat

  1. Memberikan energi

Roti coklat mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Mereka membantu mendukung berbagai fungsi tubuh, terutama fungsi otak, kata Singhwal.

  1. Memperbaiki jaringan

Protein yang ditemukan dalam roti coklat diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan, termasuk otot. Ini juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, produksi enzim, dan sintesis hormon.

  1. Membantu pembentukan hemoglobin

Zat besi merupakan mineral penting yang dapat ditemukan pada roti coklat. Hal ini diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, yang bertanggung jawab membawa oksigen dalam darah.

Dengan mengkonsumsi roti coklat, akan membantu tubuh dalam memenuhi berbagai nutrisi. Namun, perlu kita pahami dalam mengonsumsinya harus tahu cara memadukan dengan makanan lain.

  1. Konsumsi dengan sumber protein tanpa lemak seperti telur, unggas, atau kacang-kacangan.
  2. Tambahkan sayuran untuk menambah vitamin dan mineral.
  3. Gunakan olesan alpukat, karena lemak sehat dalam alpukat melengkapi nutrisi roti.
  4. Pilihlah selai kacang alami untuk tambahan protein dan lemak sehat.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep