25 radar bogor

Intip Osaka University, Universitas Tertua Keenam di Jepang

Osaka University, universitas tertua keenam di Jepang. (Sumber: we-xpats.com)

OSAKA – RADAR BOGOR, Usai menggelar acara pernikahannya, BPH Kusumo Kuntonugroho, bersama sang istri baru-baru ini mengumumkan keputusannya untuk pindah ke luar negeri untuk melanjutkan studi ke Osaka University

BPH Kusumo Kuntonugroho dan Laily Anissa Kusumastuti akan pindah ke negara yang akrab disapa dengan Negeri Sakura pada Jumat, 19 Januari 2024.

Baca Juga: Universitas Indonesia siap mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, UI Komitmen Dorong Riset dan Inovasi

BPH Kusumo Kuntonugroho memilih untuk pindah ke Jepang untuk menjalani studi S3. Ia bersama sang istri akan tinggal di Jepang, setidaknya hingga studi doktornya selesai.

Meski begitu, keduanya merencanakan untuk kembali ke tanah air usai BPH Kusumo Kuntonugroho telah menyelesaikan studinya yang diperkirakan akan rampung pada tahun 2026 mendatang.

BPH Kusumo Kuntonugroho akan menempuh pendidikan doktornya di Doktoral Course, Applied Microbiology Laboratory, Biotechnology Department, Graduate School of Engineering Osaka University, Jepang.

Dilansir dari website resminya, yuk mengenal lebih dekat Osaka University, kampus yang di tuju BPH Kusumo Kuntonugroho dalam studi doktornya.

Tentang Osaka University

Osaka University Jepang merupakan universitas tertua keenam di Jepang. Resmi didirikan pada tahun 1931 sebagai universitas kekaisaran Jepang.

Pada awal berdirinya universitas ini, terdiri dari dua sekolah yakni, Sekolah Kedokteran dan Sekolah Ilmu Pengetahuan. Dengan dipimpin pertama kali oleh seorang fisikawan terkenal, NAGAOKA Hantaro.

Osaka University Jepang saat ini dipimpin oleh seorang Rektor bernama NISHIO Shojiro yang menjabat sejak tahun 2021 dan akan berakhir pada 31 Maret 2025 mendatang. NISHIO Shojiro meraih gelar B.E., M.E., dan Ph.D dari Universitas Kyoto, Jepang.

Baca Juga: Mau Masuk IPB University Jalur SNBP 2024? Ini Rata-Rata Nilai Rapornya

Ia pernah menjadi profesor penuh waktu di Universitas Osaka pada Agustus 1992 dan dianugerahi gelar Distinguished Professor pada tahun 2013.

Makna Logo Osaka University

Logo resmi Osaka University didasarkan pada daun ginkgo, yang didesain oleh desainer grafis terkenal di Jepang, TANAKA Ikko.

Terdapat tiga lengkungan dalam struktur logonya. Lengkungan ini berasal dari kombinasi dari tiga huruf O. Ketiga huruf O ini masing-masing memiliki makna tersendiri.

Huruf O pertama dari Osaka. Selain itu, ketiga huruf O ini mewakili hubungan historis dan koneksi yang mendalam antara tiga kelompok, yaitu universitas, mahasiswanya, dan warga Osaka.

Peringkat Osaka University

Dilansir dari website resmi, Osaka University meraih peringkat 175 dalam peringkat global dan peringkat ke-4 di Jepang berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024. Yang mana, angka ini lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Baca Juga: 5 Universitas Terbaik Secara Lingkungan di Jawa Tengah

Penilaian ini didasarkan pada kinerja pada 5 bidang yang diantaranya terdiri dari pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, pandangan internasional, dan industri. (jpg/sela-pkl)

Editor: Yosep