25 radar bogor

Ganjar siap Hadapi Isu Konflik Wadas Diangkat ke Debat Pilpres

Ganjar Pranowo
Ganjar Parnowo

JAKARTA – RADAR BOGOR, Ganjar Pranowo saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah pernah menyita perhatian publik karena isu soal konflik wadas. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Hasto Kristiyano tak mempermasalahkan isu tersebut jika diangkat ke dalam debat Pilpres 2024 yang keempat.

“Oh tidak (khawatir). Di situ justru menunjukkan kapasitas kepemimpinan Pak Ganjar dalam menyelaraskan program nasional dan juga kepentingan rakyat. Kan semua diselesaikan dengan dialog, dengan penuh tanggung jawab,” kata Hasto kepada wartawan, Senin (15/1).

Hasto menekankan, semua persoalan bisa diselesaikan dengan dialog dan tanggung jawab. Ia menegaskan, Ganjar bukan seorang yang lari dari tanggung jawab.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Kecewa: Prabowo Tolak Berdebat dan Ngopi di Luar Debat Capres 2024

“Pak Ganjar bukan sosok pemimpin yang lari dari tanggung jawab. Maka Pak Ganjar tak pernah menyalahkan siapapun,” ucap Hasto.

Menurut Hasto, jika pada acara debat saja sudah menyalahkan pihak lain, ia khawatir jika memimpin pemerintahan nantinya akam banyak pihak yang disalahkan.

“Kalau debat menyalahkan orang lain, apalagi kalau kebijakan pemerintah nanti mengandung risiko, pasti nanti cenderung menyalahkan orang lain. Kalau Pak Ganjar bertanggung jawab,” tegas Hasto.

Baca Juga: Ganjar Bermalam di Rumah Warga Tegal, Warga Beri Hiburan

Senada juga disampaikan, Ganjar Pranowo yang tak mempermasalahkan isu proyek pembangunan bendungan Wadas di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah diangkat ke dalam debat keempat Pilpres 2024. Sebab, debat keempat yang akan menampilkan masing-masing cawapres akan mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

“Sebaiknya dibahas (isu soal Wadas), karena tadi saya ceritakan ke kawan-kawan yang ada di ruangan ini bertanya tentang semen Rembang yang saya selesaikan, meskipun itu bukan program Pemprov,” ucap Ganjar di usai menghadiri acara bertema ‘Menantang Ganjar Pranowo’ di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1).

Ganjar menegaskan, pembangunan bendungan Wadas merupakan proyek strategis nasional (PSN), tetapi dirinya punya beban tanggung jawab untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Ganjar Beri Wejangan soal Kreativitas Bagi Gen Z & Milenial

“Wadas itu saya selesaikan, itu PSN. Karena kami dilatih bertanggungjawab ya dan selesai, insya Allah selesai,” tegas Ganjar.

“BPN membantu menyiapkan dananya, nah kami menyelesaikan itu dengan baik,” sambungnya. (jpg/sonya-pkl)

Editor: Yosep