25 radar bogor

interaksi lewat Prod1gy bagi Pengajar dan Pelajar

digitalisasi
ILUSTRASI. Berdasarkan riset, Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji mengatakan Indonesia masih tertinggal dibanding negara lain soal digitalisasi pendidikan. (Galih Cokro/Jawa Pos)

RADAR BOGOR, Aplikasi Prod1gy adalah platform yang dapat menghubungkan pengajar dan pelajar untuk saling terhubung dan berinteraksi. Teknologi baru yang kini hadir di Dunia pendidikan Tanah Air.

”Platform kami merupakan marketplace bagi pengajar dan pelajar. Jadi, pada dasarnya, kami ingin mempertemukan pengajar yang memiliki waktu luang dan ingin memiliki penghasilan tambahan dengan pelajar yang membutuhkan bimbingan,” ujar Founder sekaligus CEO Prod1gy Umar Hasan.

”Saat ini, kami membuat web apps-nya dulu. Nanti ke depan akan membuat mobile apps,” tambah dia.

Baca Juga: Jumlah Pengangguran Capai 150 Ribu, Disnaker Sebut Didominasi Pekerja Luar Daerah

Umar menerangkan, Prod1gy diperuntukkan untuk guru, tutor, pelatih, fresh graduate, bahkan mahasiswa yang membutuhkan penghasilan tambahan. Platform ini didirikan dengan tujuan agar para individu yang mempunyai berbagai macam pengetahuan, keahlian, dan pengalaman dengan waktu luang dapat mengajarkan ilmunya kepada orang-orang yang membutuhkan bimbingan baik secara offline maupun online.

Umar menjelaskan, platform itu sudah diuji. Mulai dari murid membayar hingga fee diterima pengajar.

”Fitur dasar aplikasi telah sepenuhnya disiapkan. Mulai dari pencarian guru hingga proses pemesanan. Guru dapat menerima atau menolak pesanan dan bisa mengajukan perubahan jadwal,” terang Umar.

Co-Founder Prod1gy Dhaniel Ilyas menambahkan, Pod1gy tidak membatasi pengajar atau guru formal. Siapa pun yang memiliki skill tertentu dapat bergabung dalam Prod1gy.

”Jadi, intinya, jika Anda punya skill dan mau mengajar, mari daftar ke platform kami. Anda mau mengajar bulu tangkis, renang, karate, melatih fitness sebagai personal trainer, melatih murid menjadi Youtuber, serta mata pelajaran formal pada umumnya seperti matematika, fisika, bahasa Inggris, mengaji, dan lainnya, semua tercakup dalam platform kami,” jelas Dhaniel Ilyas.

Sementara itu, Co-founder Prod1gy lainnya, Mustafa Mahmood Abdat menambahkan, platform itu ditargetkan mencapai 10 ribu pengguna pada tahun pertama. Baik untuk guru maupun murid. Dia yakin performa web apps Prod1gy dapat menampung semua kebutuhan.

”Saya optimistis jumlah pengguna akan naik seiring waktu. Misal, di minggu pertama 1.000 user. Minggu kedua menjadi 2.000 user dan seterusnya. Kami akan senantiasa melakukan monitoring dan upgrade terhadap server secara berkala,” ucap Mustafa Mahmood Abdat. (jpg/shindia-pkl)

editor: Yosep Awaludin