25 radar bogor

Beasiswa LPDP 2024 Dibuka, Berikut Jadwal dan Syaratnya!

Ilustrasi Foto Beasiswa yang disediakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kamis (11/01/2024).

JAKARTA-RADARBOGOR, Beasiswa yang di sediakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 1 resmi di buka pada Kamis 11 Januari 2024. Pemerintah Indonesia menyiapkan banyak program beasiswa untuk seluruh pelajar baik yang mampu ataupun tidak mampu, maka demikian tidak perlu diragukan lagi kebijakan-kebijakan supportif yang diberikan secara percuma oleh pemerintah.

LPDP merupakan satuan kerja yang berada di bawah Kementerian Keuangan, pengelola dana pendidikan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 252 Tahun 2010.

Baca Juga : Lion Air Membuka Kesempatan Emas: Pendidikan Pramugari dan Pramugara Gratis Tahun 2024

Tujuan beasiswa LPDP untuk mempersiapkan calon pemimpin di masa depan yang dapat memberikan kontribusi berupa beasiswa dan mendorong inovasi bagi Indonesia yang demokratis, sejahtera, dan berkeadilan.

Beasiswa LPDP ditujukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan ke program pascasarjana, di kampus pilihan, termasuk di dalam negeri maupun luar negeri.

Dilansir dari lpdp.kemenkeu.go.id, LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister dan doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan, ini persyaratan beasiswa, jadwal, beasiswa yang dibuka, dan ketentuan perkuliahan di LPDP 2024.

Persyaratan Beasiswa LPDP 2024
Persyaratan umum pendaftaran beasiswa LPDP yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister.

Sedangkan program magister (S2) untuk beasiswa doktor (S3). Peserta calon penerima beasiswa tidak sedang menempuh studi di jenjang magister atau doktor, baik di perguruan tinggi luar negeri maupun di dalam negeri.

Selain itu, peserta harus melampirkan surat rekomendasi dari akademis, bagi yang belum bekerja dan surat rekomendasi dari atasan bagi yang sudah bekerja. Peserta beasiswa dapat memilih perguruan tinggi dan program studi, sesuai dengan ketentuan dari LPDP.

Nantinya, peserta akan mengisi profil di formulir pendaftaran online, menulis personal statement, menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi, hingga menulis proposal penelitian bagi program pendidikan doktor.

Baca Juga : Warganet Mengapresiasi, Layanan Pendidikan ‘Zenius’

Jadwal Beasiswa LPDP 2024
Proses seleksi beasiswa LPDP 2024, akan berlangsung secara luring maupun daring, atau bahkan hybrid. Hal tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan LPDP melalui dikemudian hari.

Oleh karena itu, bagi calon pelamar beasiswa LPDP 2024, pada saat mendaftar harus memilih lokasi seleksi yang menjadi ketentuan LPDP. Hal tersebut untuk memudahkan calon pelamar apabila tahap seleksi berlangsung secara luring.

Tahap seleksi beasiswa LPDP tahap 1 2024 dibuka pada tanggal 11 Januari hingga 12 Februari 2024, yang akan dilanjutkan pada tahap seleksi administrasi dengan durasi waktu kurang lebih 17 hari.

Pengumuman hasil administrasi akan diumumkan pada tanggal 1 Maret 2024. Terdapat masa sanggah dua hari setelah pengumuman hasil administrasi keluar, dan sanggahan akan diproses di tanggal 4 hingga 8 Maret 2024.

Pengumuman atas sanggahan yang diajukan pada tanggal 14 Maret 2024. Kemudian, tahapan akan berlanjut ke seleksi bakat skolastik pada 18 hingga 22 Maret 2024, pengumuman hasil seleksi bakat skolastik 27 Maret 2024.

Selain itu, nantinya peserta beasiswa LPDP 2024 akan masuk pada tahap seleksi substansi yang berlangsung 2 hingga 31 April 2024, dan hasilnya dapat diketahui pada tanggal 10 Juni 2024.

Baca Juga : Seminar Pendidikan SDIT Kemuning, Tekankan Pentingnya Adab Saat Menimba Ilmu

Beasiswa yang Dibuka
Beasiswa LPDP membuka formasi yaitu program umum (beasiswa reguler, perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa parsial).
Selain itu, program afirmasi (beasiswa penyandang disabilitas, putra-putri Papua, daerah afirmasi, dan beasiswa pra sejahtera), dan program targeted (beasiswa PNS, TNI, POLRI, dan lain-lain).

Ketentuan Perkuliahan
Ketentuan perkuliahan peserta LPDP tahap 1, akan dimulai paling cepat pada bulan Juli 2024, sedangkan pada tahap 2, masa perkuliahan akan dimulai paling cepat di bulan Januari 2025.(JPG/Febby-PKL)

Editor : Yosep