25 radar bogor

Tiga Capres Uji Komitmen Antikorupsi oleh KPK

Polling Capres 2024 Radar Bogor
Capres 2024

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tiga pasangan capres-cawapres di undang KPK untuk mengikuti acara Paku Integritas pekan depan (17/1). Yaitu program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas. Dalam acara itu, KPK juga ingin melihat kesiapan masing-masing paslon dalam upaya pemberantasan korupsi.

Hari ini KPK mengundang liaison officer (LO) masing-masing paslon untuk membahas teknis acara yang dilangsungkan Rabu pekan depan itu. ”Rencana pelaksanaan kegiatan di Gedung K4 Merah Putih KPK,’’ terang Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana kepada Jawa Pos kemarin.

Dalam kegiatan itu, KPK akan memberikan pembekalan dan pemahaman terkait pemberantasan korupsi. Termasuk ratifikasi United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) atau Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Antikorupsi yang belum diimplementasikan dalam bentuk regulasi di Indonesia.

Baca Juga: Cuti Kerja, Capres Prabowo Kampanye di Provinsi Sumatera

KPK juga ingin melihat keseriusan paslon dalam menjalankan Jakarta Statement of Principles for Anti-Corruption Agencies pada 2012. ”KPK minta komitmen dan program yang jelas dari para paslon untuk pemberantasan korupsi ke depan,’’ paparnya.

Apakah ada sesi diskusi paslon? Wawan menegaskan tidak. Sebab, format debat sudah difasilitasi lewat rangkaian di KPU. Namun, KPK akan memberikan waktu kepada masing-masing paslon untuk berbicara mengenai komitmen mereka. Acara Paku Integritas bagi capres dan cawapres itu baru pertama diadakan KPK.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, acara tersebut merupakan upaya KPK untuk penguatan antikorupsi bagi penyelenggara negara. Program itu berada di bawah naungan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK. ”Kami ingin ada komitmen bersama dan pakta integritas. Untuk pemberantasan korupsi,’’ paparnya. Saat dikonfirmasi KPK, ketiga paslon menyebut bakal hadir dalam kegiatan Paku Integritas itu.

Dalam acara tersebut, KPU dan Bawaslu juga akan hadir. Lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu itu turut diundang untuk mengawal proses demokrasi. Khususnya terkait agenda KPK dalam Hajar Serangan Fajar di setiap momen pemilu. (jpg/shindia-pkl)

editor: Yosep Awaludin