25 radar bogor

HUT ke-51, Megawati Tegaskan PDIP Keluar Sebagai Pemenang Pemilu Bukan Karena Jasa Presiden dan Menteri

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat pembukaan Kongres V PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8) (Raka Denny/JawaPos)
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

JAKARTA-RADAR BOGOR, PDI Perjuangan kini sudah berusia 51 tahun. Tiga priode pemilihan umum (Pemilu), PDIP selalu keluar sebagai pemenang di parlemen.

Di usianya ke 51 tahun ini, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa besarnya PDIP sampai sekarang bukan berkat jasa presiden, menteri dan para tokoh elite politik.

Menurut Megawati, PDIP besar dan keluar sebagai pemenang Pemilu karena mendapat dukungan dari rakyat.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Hadiri Acara Perayaan HUT PDI Perjuangan Ke-51

“51 tahun kita bisa menjadi seperti ini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri. Tapi karena rakyat yang mendukung kita,” kata Megawati saat memberikan sambutan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-51 di Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Megawati mengibaratkan rakyat merupakan akar rumput. Ia menyatakan, rumput tidak pernah menyerah, serta dapat tumbuh di manapun, meski harus dipotong dan dibakar akan tetap hidup. “Ia mampu tumbuh di gunung, di tanah gersang, subur, dan sampai juga di laut.

Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dicabut, tetap akan selallu tumbuh. Karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Tolong ingat! Itulah rakyat,” tegas Megawati.

Presiden RI kelima itu menyatakan, akar rumput itu selalu bergandengan dengan erat. Sebab, rumput tidak pernah sendiri, selalu berhimpun, menjalin satu dengan satu. “Yang ini dicabut, yang ini merana tapi tidak mati,” ucap Megawati.

Oleh karena itu, Megawati mengajak seluruh kader PDIP untuk bergandengan tangan bersama rakyat. Menurutnya, itu merupakan kekuatan yang nyata dalam menghadapi situasi saat ini.

“Dengan erat, kokoh, dan kuat. Sama dengan akar rumput di PDI Perjuangan, mengakar dan solid bergerak. Karena itulah betapa pentingnya turun ke bawah, ke akar rumput, ke rakyat,” ujar Megawati.

“Perkuatlah akar rumput, sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah napas kontemplasi kita,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, DPP PDI Perjuangan menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51, yang diselenggarakan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1). Peringatan HUT PDIP ke-51 mengangkat tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’.

Acara ini dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader PDIP berhalangan hadir, karena sedang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.(jpc)