25 radar bogor

Turun Gunung Ke Cibinong, SBY Serukan Capres Hemat dalam Berjanji

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai sampaikan orasi politik di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selasa (9/1/2024). Dalam kesempatan tersebut SBY meminta para kader tetap solid serta berpesan pada Caleg Demokrat tak banyak menebar janji, Foto : Radar Bogor / Hendi Novian

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY turun gunung menyapa warga Kabupaten Bogor di Cibinong, Selasa (9/1/2024).

Dalam orasi politiknya, SBY menyerukan kepada para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) serta partai politik untuk hemat dalam menebar janji.

“Dari Cibinong, Kabupaten Bogor saya menyerukan, hematlah dalam berjanji, jangan berjanji yang pasti sulit dilakukan,” ucapnya.

Baca juga: Jokowi Sebut, Penyebab Kenaikan Gaji PNS Lebih Sedikit Dibanding Masa Pemerintahan SBY

Menurutnya, para peserta pemilu harus tahu keadaan Indonesia saat ini. Bagaimana kondisi ekonomi, kekuatan APBN, utang negara dan lain sebagainya.

“Jadi kalau menjual atau mengobral janji, ingin membangun ini dan itu, yang sangat muluk-muluk, saya khawatir uangnya tidak ada, alias tidak bisa diwujudkan,” jelas SBY.

Hal ini, kata dia, penting disampaikan agar masyarakat bisa mendengar dan mengetahui janji mana yang masuk akal dan tidak.

SBY sendiri mengaku tidak banyak berjanji pada saat berkampanye Pemilu 2004 dan 2009. Namun banyak capaian yang telah diwujudkan pada saat dirinya mengemban jabatan Presiden RI dua periode.

Salah satunya bagaimana pemerintah pada jamannya terus menaikan gaji para ASN, TNI – Polri hingga guru. Hal itu SBY pastikan akan kembali diperjuangkan ketika Demokrat kembali ke pemerintahan.

Baca juga: SBY Sampaikan Harapan Untuk Prabowo, Wakili Purnawirawan TNI

“Kami partai demokrat telah menetapkan 14 agenda, sehingga inshallah kami kembali ke pemerintahan nasional dan kemudian suara kami di DPR dan DPRD makin kuat dan semua agenda itu bisa dijalankan,” tegasnya.

“Lalu sekarang dibicarakan nasib para guru honorer, tenaga honorer, maka jika Demokrat kembali ke pemerintahan, dan kuat di DPR, maka secara bertahap mereka akan kita angkat, ini bukan janji-janji kosong, karena dulu waktu saya mengemban amanat, sudah kita angkat 1,1 juta guru dan tenaga honorer,” tukas SBY.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari