25 radar bogor

HTM Cuma Rp 5.000, Yuk Nikmati Keindahan Alam Telaga Warna Puncak Sepuasnya

Telaga Warna Puncak, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, terdapat beragam destinasi wisata alam, salah satunya Telaga Warga. Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Raya Puncak-Cianjur, tepatnya di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Dinamakan Telaga Warna, karena air danau di sini bisa berubah dari kehijauan menjadi kuning terang, bahkan cokelat. Selain dapat menikmati pemandangan alam memesona, kamu juga bisa mencoba beberapa fasilitas yang disediakan di kawasan wisata Telaga Warna Puncak.

Beragam wahana wisata yang tersedia, yakni jogging track, flying fox, dan menara setinggi 13,5 meter yang difungsikan untuk mengamati satwa di kawasan Telaga Warna.

Baca Juga: Tumbuhkan Minat Generasi Muda di Bidang Pertanian Sejak Dini Lewat Agroeduwisata Peternakan

Telaga Warna Puncak merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Bogor, yang tidak lekang dimakan waktu. Meskipun lokasi wisata ini sudah cukup lama, namun masih banyak pengunjung yang datang setiap libur akhir pekan.

Puncak merupakan tempat wisata paling diburu warga ibu kota. Sebab, kondisi Puncak cukup sejuk dan memiliki udara bersih dibandingkan dengan udara ibu kota.

Tidak hanya menyediakan hamparan hijau nan asri, Telaga Warna Puncak juga dilengkapi dengan air yang bisa berubah warna di saat-saat tertentu.

Baca Juga: Ambruk Diterjang Puting Beliung, Renovasi SDN Polisi 1 Bakal Dibiayai Asuransi

Makanya disebut Telaga Warna. Telaga Warna Puncak, sudah lama diresmikan sebagai kawasan cagar alam hutan gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang.

Peresmian lokasi wisata ini diperkirakan sudah dilakukan sejak 1972. Lokasi wisata ini sangat banyak dikunjungi para pelancong.

Wisatawan biasanya hanya bersantai sambil menikmati alam dan menyejukkan tubuh dengan udara alamnya.

Selain areanya luas, Telaga Warna Puncak juga menghadirkan beragam flora dan fauna liar namun bersahabat bagi pengunjung. Jadi, kamu tidak perlu takut ketika didatangi satwa liar tersebut.

Satwa yang benyak berkeliaran di sekitar Telaga Warga, yakni monyet, kera, lutung, dan fauna lainnya yang dilindungi.

Keindahan alam Telaga Warna Puncak ini tak perlu diragukan. Setiap harinya, air Telaga Warna bisa berubah menjadi warna cokelat, kuning terang, dan kuning gelap.

Secara ilmiah, air yang bisa berubah warna ini disebabkan karena alga di danau. Tumbuhan jenis algae ini memenuhi danau dan dapat berubah warna.

Di Telaga Warna, juga banyak spot foto menarik. Makanya, tidak jarang sejumlah orang memanfaatkan lokasi ini menjadi tempat foto pre-wedding.

Lokasi ini juga bisa menjadi sangat romantis jika berkunjung bersama pasangan. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Telaga Warna, kamu harus mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 5.000 di hari Senin sampai Jumat.

Sementara, untuk di Sabtu, Minggu, dan tanggal merah biaya masuknya dikenakan harga Rp 7.500. Murah bukan!

Sementara untuk wisatawan asing, harga tiket dikenakan Rp 100.000 di weekday dan Rp 150.000 di hari libur. Bagi yang ingin berwisata lebih lama, Telaga Warna Puncak juga menyediakan fasilitas penginapan.

Penginapannya sendiri terletak di area tepian telaga dan berupa pondok dengan harga sewa per malamnya Rp 100.000, namun harganya bisa saja berubah, sesuai kebijakan pengelola.

Jika kamu ingin hunian lebih berkelas, tentunya ada beberapa pilihan lainnya seperti hotel dan vila di sekitar Puncak Pass atau di daerah Puncak lainnya.

Harga sewa villa dan hotel sendiri bisa mulai dari Rp 450.000. Nah, kamu tinggal pilih ketika berwisata ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. (**)