25 radar bogor

Bogor Dalam Ancaman Cuaca Ekstrem, Status Siaga Bencana

Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem

CISARUA-RADAR BOGOR, Bagi wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak Kabupaten Bogor dan sekitarnya diminta untuk berhati-hati. Pasalnya, dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem berpotensi melanda Bogor.

Baca Juga : Bencana Hidrometeorologi Landa Bogor, Banjir Hingga Longsor

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor memprediksi dalam sepekan ke depan wilayah Bogor dan sekitarnya akan terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Hal itu dlihat dari dinamika atmosfer yang dipantau melalui alat yang dimiliki Stasiun Metereologi Citeko maupun Stasiun Klimatologi Jawa Barat.

“Jadi untuk sepekan ke depan perlu diwaspadai potensi hujan intensitas ringan hingga lebat,” kata Kepala Stasiun Metereologi BMKG Citeko, Fatuhri Syabani, kepada Radar Bogor Jumat (5/1/2204).

Menurutnya, akibat curah hujan yang tinggi tersebut tidak menutup kemungkinan dapat memicu beberapa bencana alam seperti longsor dan banjir, terutama di daerah yang memiliki topografi perbukitan.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Agus Suyatna meminta agar masyarakat maupun wisatawan untuk selalu waspada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Iapun meminta agar semua masyarakat, stakeholder, pelaku wisata, aparatur pemerintah sampai tingkat RT desa kecamatan untuk meningkatkan kesiapsiaagan potensi bencana Hidrometeologi penghujan yang mulai cukup ekstrem.

Terutama wilayah selatan Puncak Ciawi, Megamendung dan Cisarua. Lalu di wilayah barat, Cigudeg, Sukajaya, Pamijahan, Leuwiliang.

Kemudian di wilayah timur seperti Jonggol, Sukamakmur, Cileungsi dan Klapanunggal.

“Apabila ada bencana silahkan menghubungi BPBD Kabupaten Bogor. Bisa ke nomor 081210109002, kami siap siaga 24 jam,” tuturnya.

Adapun, saat ini, lanjut Agus, Pemkab Bogor mengeluarkan status siaga bencana. “Iya, status siaga bencana,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep