25 radar bogor

Nilai Investasi Kabupaten Bogor Urutan ke-3 Se-Jabar

Ilustrasi Investasi
Ilustrasi Investasi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kabupaten Bogor menjadi daerah peringkat ketiga se-Provinsi Jawa Barat yang paling diminati investor sepanjang 2023.

Kabupaten Bogor menempati peringkat ketiga setelah Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Bogor mencapai Rp12 triliun.

“Angka itu merupakan realisasi investasi asing (PMA) dan investasi domestik (PMDN) periode Januari-September 2023 kemarin,” ujarnya kepada Radar Bogor, Kamis (4/1/2024).

Baca juga: Memulai Investasi Saham, Simak Tips bagi Pemula

Angka tersebut, kata dia, menempatkan Kabupaten Bogor di peringkat ketiga pada realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat. Sementara Kabupaten Bekasi di leringkat pertama dengan total investasi Rp41,5 triliun dan peringkat kedua Kabupaten Bogor Karawang sebesar Rp35,1 triliun.

Dari Rp12 triliun yang masuk Kabupaten Bogor, sebesar Rp8,8 trilun merupakan investasi PMDN dan PMA sebesar Rp3,2 triliun.

“Penyerapan tenaga kerja kita juga berada di peringkat ketiga yakni 23.547, baik tenaga kerja PMA dan PMDN,” jelas Irwan.

Sementara berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sampai dengan Januari-September Tahun 2023, yang direalisasikan oleh para investor di 27 Kabupaten/Kota dengan jumlah investasi sebesar Rp153.2 triliun dan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 192.414 orang, serta jumlah LKPM sebanyak 70.313 LKPM.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari