25 radar bogor

Gempa 5,9 M di Banten, BMKG sebutkan Tak Berpotensi Tsunami

illustrasi gempa guncang Sukabumi
illustrasi gempa

JAKARTA-RADARBOGOR, Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 kembali mengguncang kepulauan di Indonesia. Kali ini gempa berlokasi di 72 kilometer barat daya Dayah, kabupaten Lebak, provinsi Banten sekitar pukul 07.53 WIB, pada Rabu (03/01/2023). Sejumlah warganet mengaku merasakan getaran gempa cukup keras di daerah Bandung, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Lembang, Jawa Barat.

Baca Juga : Eratkan Persaudaraan, Matic Car Club Indonesia Gelar Silaturahmi Nasional

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Bayah Banten ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,7.

“Rabu 3 Januari 2024 pukul 07.53.49 WIB Jawa Barat dan Banten diguncang gempa magnitudo M5,7,” kata Kepala Bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Rabu (3/1).

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,57° LS ; 106,17° BT, atau tepatnya berlokasi di laut 77 Km arah Barat Daya Sukabumi, kedalaman 63 km,” sambungnya.

Daryono menjelaskan, gempa Selatan Jabar-Banten M5,7 merupakan jenis gempa kedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan pergerakan geser-naik (oblique thrust),” ungkap Daryono.

Baca Juga : IPM 2023 di Atas Rata-Rata Nasional, Gubernur Khofifah : Jatim Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Gempa selatan Jabat-Banten ini dirasakan di sejumlah wilayah di antaranya Surade, Sukabumi IV MMI, Pelabuhan Ratu, Cianjur, Panggarangan, Lebak, Garut III MMI, Lembang, Bandung Barat, Cimahi II-III MMI, dan Tangerang Selatan II MMI .

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.(JPG/Febby-PKL)

Editor : Yosep