25 radar bogor

Pengisi Suara Karakter Mama Coco ‘Ana Ofelia M’ Tutup Usia

Dunia industri perfilm meksiko sedang berduka, seorang pengisi suara karakter Mama Coco 'Ana Ofelia Murguía' dikabarkan tutup usia diumur 90 tahun, Selasa (02/01/2023 sumber foto : detikHOT).

JAKARTA-RADARBOGOR, Dunia industri perfilm meksiko sedang berduka, pasalnya seorang pengisi suara karakter Mama Coco ‘Ana Ofelia Murguía’ dikabarkan tutup usia diumur 90 tahun. Aktris senior itu berperan banyak dalam dunia industri terkhususnya dalam mengisi suara film yang di produksi oleh Pixar.

Institut Seni Rupa Nasional Meksiko mengumumkan kabar tersebut pada Minggu (31/12/2023) tengah malam melalui akun media sosial X resmi mereka.

Baca Juga : Polbangtan Lebarkan Sayap Berprestasi Dikancah Debat Internasional

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami berduka atas meninggalnya aktris terkemuka Ana Ofelia Murguía,” tulis mereka.

Disebutkan pula, bahwa Ana Ofelia Murguía memainkan peran kunci dalam film animasi yang bercerita tentang cerita rakyat, budaya, dan tradisi Hari Orang Mati di Meksiko tersebut.

Tidak hanya itu, Ana Ofelia Murguía merupakan bagian dari pemeran tetap Perusahaan Teater Nasional Meksiko, yang karir artistiknya sangat penting bagi seni pertunjukan negara tersebut.

Dikutip JawaPos.com dari New York Post, Menteri Kebudayaan Meksiko, Alejandra Frausto Guerrero mengatakan bahwa kepergian Ana Ofelia Murguía meninggalkan kekosongan besar industri perfilman Meksiko.

Karena bahkan sebelum penampilan akting suaranya di Coco, Ana Ofelia Murguía adalah seorang aktris yang disegani di Meksiko.

Film ‘Coco’ yang dirilis pada 2017 membawa nama Ana Ofelia Murguía ke dunia perfilman internasional meski usianya tak lagi muda. Coco meraih penghargaan Best Animated Feature atau Film Animasi Terbaik dalam ajang Academy Awards 2018

Sementara itu, Ana Ofelia Murguía menerima penghargaan seumur hidup dari Golden Ariel Award pada 2011 untuk 40 tahun karirnya di panggung teater dan layar perfilman.

Aktris tersebut muncul di sekitar 70 drama dan 90 film, termasuk ‘Life Sentence’ (1979) dan ‘The Queen of the Night’ (1994). Ana Ofelia Murguía juga memegang rekor penerima nominasi Aktris Terbaik terbanyak di Ariel Awards. Sang aktris dinominasikan sebanyak enam kali, dan berhasil membawa pulang piala pada 1979, 1986, dan 1996.

Baca Juga : Gelar Konferensi Internasional, UNIDA Undang Pakar Dunia Bahas Isu Hadapi Perubahan Iklim

Pada April 2023, Universitas Otonomi Nasional Meksiko menganugerahi Ana Ofelia Murguía Medali Ingmar Bergman karena memberikan ‘kesan mendalam’ pada film dan teater Meksiko.

Dalam pidato penerimaannya, Ana Ofelia Murguía menunjukkan kerendahan hatinya yang khas, dengan bertanya “Mengapa saya?”

Ana Ofelia Murguía melanjutkan dalam pidatonya, mengatakan bahwa dia merasa sudah cukup dengan semua pengakuan dan pujian yang didapatnya selama ini.(JPG/Febby-PKL)

Editor : Yosep