25 radar bogor

18 Teroris Tertangkap Densus 88 Saat Ibadah Natal

Ilustrasi 18 Teroris Tertangkap Densus 88

JAKARTA – RADAR BOGOR, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 18 orang terduga tindak pidana terorisme selama Desember atau menjelang perayaan Natal 2023.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa Densus 88 telah mengamankan sebanyak 18 orang terduga pelaku teroris saat pengamanan Natal tahun 2023.

“Kita sedang mengamankan 18 orang yang saat ini kita lakukan pendalaman. Diamankan oleh teman-teman Densus 88,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (24/12).

BACA JUGA: Ingin Ubah Ideologi Negara, 3 Teroris Jaringan NII ini Ditangkap Densus 88

Ia mengatakan bahwa pengamanan 18 orang tersebut adalah bagian dari atensi pihak kepolisian yang mengantisipasi adanya gangguan kelancaran ibadah Natal umat Katolik di Indonesia.

Listyo belum menerangkan lebih rinci terkait pengamanan 18 orang tersebut. Ia juga belum menyebutkan bahaya yang dibawa orang-orang tersebut terhadap keamanan perayaan natal di daerah mana.

Ia hanya menegaskan telah memerintahkan anggotanya untuk terus siaga dan melayani masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru 2024.

“Saya perintahkan seluruh anggota untuk terus siap siaga melayani ibadah Natal atau seluruh rangkaian kegiatan mudik balik dan tempat-tempat wisata,” tegasnya.

Saat ini, ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah membagi personel untuk mengawasi keamanan di 39.495 gereja yang tengah melaksanakan ibadah Natal 2023.

“Untuk hari ini ada kurang lebih 39.495 gereja yang saat ini kita amankan,” tandasnya.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar menyebut dari 18 orang tersebut kebanyakan tertangkap di daerah Jawa Tengah.

BACA JUGA: Amankan Samurai dan Pisau Lipat, Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Dramaga

“Jateng 12 orang, Banten 3 orang, Jabar (Jawa Barat) 1 orang, Kalteng (Kalimantan Tengah) 1 orang, Sumut (Sumatera Utara) 1 orang,” ujarnya dikutip dari Tribunnews.

18 terduga teroris itu, berasal dari jaringan berbeda. Diantaranya tiga terduga teroris yang ditangkap di Banten merupakan organisasi teroris Negara Islam Indonesia (NII).

Kemudian 12 terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Jawa Tengah dari Jamaah Islamiyah (JI), serta Jamaah Ansharut Daulah (JAD). (JPG/Nadira-PKL)

Editor: Yosep