25 radar bogor

Pengabdian Masyarakat, FISIB Unpak Tingkatkan Kapasitas Media Pembelajaran Guru PAUD

FISIB Unpak Tingkatkan Kapasitas Media Pembelajaran Guru PAUD

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) telah menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas Media Pembelajara Guru PAUD dengan Menggunakan Instrumen Canva” di ruang laboratorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan, Kota Bogor, Selasa (19/12/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Yelni Rahmawati, M.Si., sebagai Ketua tim dan Dr. Henny Suharyati, M.Si sebagai anggotanya, dan diikuti oleh para guru Satuan Paud Sejenis (SPS) Gandaria.

Baca juga: BMPS, Disdik dan Forum Doktor MP Unpak Gelar Diklat Managerial untuk Kepsek

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut memfokuskan kepada peningkatan Kreatif dan Inovatif, meliputi bagaimana tata cara membuat desain media pembelajaran melalui piranti lunak tertentu.

Penerapan ipteks dilakukan melalui kombinasi tutorial 30% dan praktik langsung 70%.

Hal tersebut dilakukan karena terkait langsung dengan proses desain media pembelajaran melalui intrumen Canva.

Peserta dibagi kelompok sesuai pada pelatihan sebelumnya.

Praktik langsung dengan menggunakan komputer untuk setiap orang.

Tahap akhir pelatihan adalah evaluasi ditujukan sebagai indikator keberhasilan pelatihan.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap awal untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Peningkatan daya saing pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan terus berlanjut dan meluas karena sektor tersebut menjadi salah satu pilar strategi nasional pemerintah dalam Nawacita.

Usia dini juga merupakan masa emas tumbuh kembang anak, karena pada masa ini anak masih dalam tahap perkembangan anak yang meliputi tiga bidang, yaitu kognitif, fisik-motorik dan sosial-emosional.

Tantangan pendidikan di era edukasional 4.0 sangat besar terutama dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Ribuan PAUD didirikan di tingkat kelurahan dan desa. Menciptakan PAUD yang nyaman bagi anak-anak didik untuk belajar dan berprestasi di tingkat nasional merupakan tantangan yang besar bagi pengelola PAUD, kepala PAUD, guru PAUD.

Ada 5 pilar penting untuk meningkatkan daya saing Paud yaitu: 1) menunjang pihak pengelola untuk menjadi profesional dan berkompeten, 2) menunjang peningkatan kreativitas guru dan kinerja tim guru, 3) pencarian bakat dan minat anak didik, 4) meningkatkan kepercayaan orang tua dan masyarakat sekitar, 5) perkembangan anak di bidang akademik, karakter dan spiritual.

Oleh karenanya pada kegiatan Program Kemitraan Masyarakat tersebut, diharapkan strategi peningkatan kapasitas media pembelajaran guru PAUD dengan menggunakan Instrumen Canva dengan pelatihan IPTEK membuat desain media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, strategi pembelajaran berbasis problem solving, literasi baca tulis, warna dan bentuk yang kemudian dikemas dalam ragam multi media.

Aspek peningkatan media pembelajaran dengan sustainable-responsible diharapkan akan terpenuhi melalui kegiatan pelatihan canva for education.

Melalui kegiatan abdimas tersebut diharapkan guru di SPS Gandaria, Vila Citra Bogor dapat lebih kreatif dan mampu mebuat bahan ajar.

Dengan adanya kemampuan guru dalam mendesain media pembelajaran, siswa diharapkan lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan. (*)

Editor: Rany Puspitasari