25 radar bogor

Asah Bakat Siswa, SMPN 9 Kota Bogor Gelar Pensi Bertajuk Vasla Rawa

SMPN 9
SMPN 9 Kota Bogor menghelat kegiatan pentas seni (pensi), serta gelar karya proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5), pada Kamis (22/12/2023). 

BOGOR-RADAR BOGOR, SMPN 9 Kota Bogor menghelat kegiatan pentas seni (pensi), serta gelar karya proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5), pada Kamis (22/12/2023).

Baca Juga : Siswa SMPN 9 Kota Bogor Sabet Medali Perak Taekwondo Internasional Open 2023

Adapun, acara pensi yang mengusung tema ‘Vasla Rawa’ itu berlangsung di halaman SMPN 9 Kota Bogor. Sekolah ini juga mengadakan bazar yang dirangkaikan dengan pembagian hasil belajar peserta didik semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.

Sekretaris Komite SMPN 9 Kota Bogor Weni Purwayanti mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak siswa mengasah masing-masing bakatnya dibidang seni sekaligus belajar bagaimana memasarkan produknya melalui bazar.

“Alhamdulillah momentnya bisa dilaksanakan sekaligus, tujuannya setelah orang tua datang ke sekolah untuk mengambil rapot bisa lihat-lihat stand bazar hasil kreasi anak-anak,” kata Weni Purwayanti.

Menurut dia, bazar ini merupakan bagian dari program P5 yang diimplementasikan dari mulai kelas 7A hingga 7I dengan menampilkan kreasi masing-masing baik prodak makanan tradisonal ataupun kerajinan tangan. “Total ada 9 stand, ada siswa yang jual gelang, ikat rambut, aksesoris hijab, dan makanan,” ucapnya.

Sedangkan untuk pensi, sebagian besar anak-anak menampilkan tari tradisional seperti Jaipong, modern dance, drama musikal, hingga penampilan band dari para pelajar.

“Tujuannya untuk mewadahi dan memfasilitasi bakat anak-anak dibidang kesenian, dan anak-anak, guru-guru, dan orang tua murid senang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Bogor Hidayat acara dengan mengusung tema ‘Vasla Rawa’ bertujuan untuk melatih ketrampilan dan kreatifitas peserta didik agar menjadi pelajar Pancasila yang berakhlak mulia.

“Kegiatan ini even tahunan yang selalu diadakan SMPN 9 Kota Bogor, tapi sekitar 5-6 tahun belum pernah dilaksanakan lagi baru sekarang dalam skala besar,” ucapnya.

Menurut dia, kegiatan ini seluruhnya diinisiasi dan digerakan seluruh siswa dan juga Komite SMPN 9 Kota Bogor. “Saya berterimakasih kepada semua yang terlibat dan ini menandakan komunikasi ini berjalan dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut, dijelaskan Hidayat pelaksanaan kegiatan pensi, gelar karya P5 dan bazar ini dilakukan untuk membangun kreativitas siswa.

Baca Juga ; Tutup MPLS SMPN 9 Bogor, Yantie Rachim Gaungkan Gerakan Serbukatif

Pentas seni, karya P5 dan bazar juga merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan peserta didik sesuai dengan karya yang dipilih di kelompoknya masing-masing.

“Dengan gelar kegiatan ini diharapkan siswa dapat memperkuat karakter, mengembangkan kompetensi dan keterampilan, menambah pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri,” tandas dia.(ded)