25 radar bogor

Gerakan Serbukatif di SDN Sukadamai 3, Yantie Rachim Bikin Heboh

Istri Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Yantie Rachim membuat 'heboh' SDN Sukadamai 3, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Kamis (14/12/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Istri Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Yantie Rachim membuat ‘heboh’ SDN Sukadamai 3, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Kamis (14/12/2023).

Baca Juga : Pesta Siaga Serbukatif, Kenalkan Kembali Nilai-nilai Luhur Pramuka

Adapun, kehebohan ratusan pelajar SDN Sukadamai 3 itu ketika Yantie Rachim menggelorakan Gerakan Serbukatif (Seribu Kata Positif).
Dimulai pukul 08.00 WIB, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor, Yantie Rachim disambut meriah para siswa dan siswi.

Senyum bahagia dari para siswa dan siswi, para guru dan orang tua murid terpancar saat menyanyikan beberapa lagu termasuk jingle Gerakan Serbukatif oleh Duta Serbukatif Kota Bogor, Sandrica Elana Mazea. Selain itu, para siswa dan siswi antusias saat mendengarkan dongeng.

Guna mensukseskan program serbukatif secara masif, lanjut Yantie, Jabar Bergerak Kota Bogor perlu menggandeng Dinas Pendidikan Kota Bogor untuk penguatan di setiap sekolah.

“Karena level TK dan SD Serbukatif ini bersenang-senang, bernyanyi dan bermain sambil interaksi,” kata Yantie Rachim.

Jelang berakhirnya masa jabatan Wali Kota Bogor Bima Arya, dan wakilnya Dedie A Rachim, dirinya berharap program Serbukatif ini dapat terus diimplementasikan di setiap sekolah kedepannya.

“Serbukatif ini tujuanya pembentukan karakter anak, saya konsern sebagai orangtua melihat anak-anak itu berkata yang kurang baik, dan ini sebenarnya bisa mengakibatkan perbuatan yang kurang baik,” ucapnya.

Oleh karenanya, sopan santun dan menyampaikan kata-kata positif harus ditanamkan sejak SD.
“Insya Allah kalau kita bekali terus, ketika masuk SMP sudah terbiasa, setidaknya mereka tahu berkata yang baik itu bisa mencegah terjadinya kekerasan dan buliying,” katanya.

Gerakan Serbukatif di SDN Sukadamai 3 ini menjadi acara pamungkas pada Desember 2023. Tak kurang dari 30 SD disambangi Yanti Rachim untuk menggaungkan Gerakan Serbukatif.

“saya ingin memberikan ilustrasi kepada anak-anak kalau agar tidak berkata-kata yang baik, atau kasar, dan menyakitkan teman jika dibiarkan dan ada korban. Ada hukumnya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SDN Sukadamai 3 Akhmad Askolani menilai kegiatan Gerakan Serbukatif ini sangat luar biasa terutama agar anak-anak menjaga lisannya.

Bagaimana anak-anak berkata-kata positif, tentunya untuk semua anak-anak SDN Sukadamai 3 kami harapkan dapat berubah dari kebiasaan-kebiasaan berkata-kata kasar, jorok,” imbuh Akhmad Askolani didampingi Ketua Komite Ibrahim.

Baca Juga : Tutup MPLS SMPN 9 Bogor, Yantie Rachim Gaungkan Gerakan Serbukatif

Kemudian, arahan Yantie Rachim program ini agar ada perubahan dari generasi muda agar tak hanya pandai dalam pembelajaran namun juga diimbangi dengan kelakuan yang baik.

Kemudian, arahan Yantie Rachim program ini agar ada perubahan dari generasi muda agar tak hanya pandai dalam pembelajaran namun juga diimbangi dengan kelakuan yang baik.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep