25 radar bogor

Heboh, Kabar Kades se-Kabupaten Bogor Diminta Rp10 juta Untuk Biaya Bimtek

Kades
Ilustrasi Kades

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Kabar Kades se-Kabupaten Bogor diminta bayar Rp10 juta untuk biaya bimtek di Bandung, ramai di kalangan masyarakat Bogor.

Baca Juga : Bawaslu Kabupaten Bogor Tegaskan Larangan Kades Terlibat Kampanye Pemilu, Bisa Didenda hingga Pidana

Dari informasi yang beredar, para Kades ditarik iuran sebesar Rp10 juta demi suksesnya agenda tersebut. Radar Bogor pun mencoba menelusuri kabar itu ke sejumlah kades yang ada di Kabupaten Bogor.

Dari hasil penelusuran, para kepala desa mengaku benar diminta Rp10 juta untuk kegiatan Bimtek. “Iya, pembayarannya langsung ke nomor rekening atas nama yayasan,” kata kades Gunung Putri, Daman Huri, kepada Radar Bogor Jumat (8/12/2023).

Hal senada dikatakan Kades Sukamahi, Budi Mamat. Kata dia, pembayaran Rp10 juta itu merupakan hasil kesepakatan bersama. “Betul, itu (Rp 10 juta) kesepakatan semua kades,” paparnya.

Ia memaparkan, bimtek tersebut dilaksanakan di bandung pada 17-20 Desember 2023. “Bulan ini, tanggal 17 Desember,” paparnya.

Hal senada dikatakan oleh Kades Sukajadi, Ade. Kata dia, dirinya diminta untuk membayar Bimtek seberat Rp 10 juta. “Iya (bayar Rp 10 juta),” tuturnya.

Adapun dari hasil penelusuran Radar Bogor, para kades diberikan surat undangan perihal bimtek tersebut. Surat undangan penawaran bimtek tersebut dibuat pada tanggal 1 November 2023.

Baca Juga ; Kades Hambalang Jadi Tersangka Kasus Pemalsuan Surat Tanah

Dalam surat tersebut berisi roundown bimtek serta narasumber yang akan mengisi bimtek tersebut. Di antaranya, Kejari Kabupaten Bogor, Inspektorat Kabupaten Bogor dan BPK RI. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep