25 radar bogor

Polisi Akhirnya Menangkap 5 Pelaku Pengrusak Pipa Perumda Tirta Pakuan di Kampung Muara Lebak

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor akhirnya melakukan perbaikan kebocoran pipa, yang berada di Kampung Muara Lebak, Jembatan Ledeng. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Polresta Bogor Kota akhirnya melakukan penetapan tersangka dan penahanan pada 5 orang pelaku pengrusak pipa Perumda Tirta Pakuan di di Kampung Muara Lebak, Jembatan Ledeng RT 03/10, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Rizka Fadhila di Makopolresta Bogor Kota pada Selasa (5/12).

Baca juga: Relokasi Pipa Imbas Longsor di Batutulis Rampung, Perumda Tirta Pakuan Lakukan Pebaikan Aliran Air

Rizka menjelaskan kelima pelaku memiliki peran berbeda dalam melakukan pengrusakan. Ada yang menyuruh dan ada yang bertugas melakukan pengrudakan.

“Ada 8 kali kejadian berulang. Alat buktinya saksi-saksi, foto, dan video. Kami gunakan itu sebagai alat bukti penangkapan dan penahanan kepada pelaku pengrusakan,” tuturnya.

Dirinya menyebut mereka dijerat Pasal 406 dan 408 KUHP Tentang Pengrusakan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sengketa antara ahli waris yang menyatakan sebagai pemilik lahan dengan pihak Perumda Tirta Pakuan ini berjalan panjang.

Baca juga: Hadapi Musim Pancaroba, Begini Langkah Perumda Tirta Kahuripan

Sengketa ini bahkan sempat menimbulkan aksi protes warga pada Selasa (24/10) lalu yang kesal dengan tindakan ahli waris yang diduga merusak pipa milik Perumda Tirta Pakuan.

Hal itu lantaran adanya kebocoran pipa yang sudah berlangsung selama beberapa pekan ini berimbas pada layanan air bersih ke warga. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari