25 radar bogor

Kelurahan Cikole Sinergi dengan Mahasiswa SV IPB University Demi Kemajuan Digitalisasi

Kelurahan Cikole

SUKABUMI–RADAR BOGOR, Sembilan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Sukabumi yang tergabung dalam Kelompok Dua pada Mata Kuliah Komunikasi Digital, telah melaksanakan kegiatan praktikum Project Based Learning ‘IPB Goes To Kelurahan’ pada 23 Oktober 2023 sampai 23 November 2023 di Kantor Kelurahan Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Baca Juga : Rebranding Kreatif, Mahasiswa SV IPB Kolaborasi dengan Kedai Ice Cream

Terdapat beberapa permasalahan yang mahasiswa temukan di Kelurahan Cikole di antaranya, WhatsApp Bisnis milik Kelurahan Cikole yang tidak aktif dan tidak adanya papan informasi mengenai hal apa saja yang diperlukan ketika mengurus surat–surat keterangan di kelurahan.

Dari beberapa permasalahan tersebut mahasiswa merancang beberapa proyek yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Proyek itu di antaranya, WhatsApp Bisnis dan Website atas nama Kelurahan Cikole yang bertujuan untuk mempermudah proses administrasi di kelurahan secara daring, pembuatan banner dan poster untuk mempermudah penyebaran informasi penting, serta pemberian inovasi baru pada Akun Instagram Kelurahan Cikole (@kelurahancikole_kotsi) di antaranya, template feeds dan penggunaan caption yang lebih menarik. Semua proyek tersebut tentunya dilaksanakan atas izin dan analisis permasalahan yang ada di kelurahan.

Pengadaan praktikum ini dinilai memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat membantu kelurahan dalam penyebaran informasi dan administrasi secara digital serta membantu mahasiswa menerapkan apa yang telah mereka pelajari di lingkungan kampus. Selain itu, praktikum ini juga diharapkan dapat dijadikan batu loncatan mahasiswa dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi di lingkungan masyarakat.

“Praktikum ini memiliki banyak manfaat bagi saya dan rekan-rekan saya sesama mahasiwa karena dari praktikum ini, kami dapat belajar berkomunikasi dengan aparat pemerintah, turun ke masyarakat, dan belajar mengambil keputusan-keputusan sulit yang terkadang harus diambil di waktu yang sempit,” kata Raka Nugraha Putra, selaku Ketua Kelompok Dua.

Kemudian, Rifa Nuralifah, selaku anggota Kelompok Dua, juga berkata, peran mahasiswa sebagai Agent of Change tidak bisa diraih hanya melalui jam-jam perkuliahan di kampus, tetapi harus ditempuh melalui pembelajaran, penelitian, serta pengalaman-pengalaman nyata. “Seperti pada pengalaman praktikum kali ini yang mengharuskan kami terjun ke masyarakat,” tuturnya.

Pernyataan dari dua orang tadi juga disetujui oleh Edwin Nurpriadi selaku Sekretaris Kelurahan Cikole yang turut ikut serta menamani mahasiswa dalam menjalankan proyek kerja sama di Kelurahan Cikole.

Edwin juga mengatakan jika kegiatan ini dapat menambah pengalaman mahasiswa dalam berkomunikasi secara langsung di masyarakat.

Baca Juga : Mahasiswa SV IPB University Lakukan Re-Branding UMKM Bia Pukis dan Takoyaki

“Kegiatan ini mudah – mudahan kegiatan ini menambah pengalaman seperti apa berhadapan dengan masyarakat di dunia kerja seperti apa. Kedua, bisa menjadi manfaat dan kemajuan informasi digital di kelurahan agar lebih banyak pilihan yang dapat dimasyarakat akses untuk keperluan di kelurahan. Semua untuk kebaikan dan kemajuan bersama. Semoga kegiatan praktikum ini manambah nilai plus dari Kelurahan Cikole untuk melayani masyarakat,” ujar Edwin Nurpriadi. (*)

Editor : Yosep