25 radar bogor

Antisipasi Bencana Saat Musim Penghujan, Kodim 0606/Kota Bogor Lakukan Penghijauan

Kodim 0606/Kota Bogor Lakukan Penghijauan

BOGOR-RADAR BOGOR, Kodim 0606/Kota Bogor melaksanakan penghijauan serentak tersebar di wilayah Kota Bogor, pada Minggu (3/12).

Adapun, kegiatan penanaman pohon yang merupakan program Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dipusatkan di Jalan. Kol. Ahmad Syam RT 04/20, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Fikri Ferdian mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilakukan bersama seluruh komponen masyarakat yang ada di Kota Bogor, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana.

Baca juga: Hujan Guyur Bogor Mulai Siang, Intip Prakiraan Cuaca se-Jawa Barat Hari Ini, Minggu 3 Desember 2023

“Program ini atas arahan KASAD, dan hari ini saya di Kelurahan Katulampa, dan para Koramil melakukan penanaman di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Menurut dia, ada tiga kegiatan besar dalam menghadapi bencana yang mungkin, timbul karena intensitas hujan yang tinggi.

Pertama, tentunya membersihkan saluran air baik di perkampungan, perumahan, kawasan sungai, atau tempat yang sudah di identifikasi terjadi mampet ketika hujan.

Kedua, melakukan kegiatan bersih-bersih wilayah ketika turun hujan terutama di kawasa pasar yang dikhawatirkan menutup saluran air.

ketiga, melakukan penanaman pohon utamanya di daerah yang berpotensi rawan longsor.

“Tiga program besar itu yang kita jalankan, sementara sudah lama kita lakukan tetapi kita masifkan lagi sehingga upaya yang dilakukan dapat meminimalisir terjadinya kerugian akibat terjadi bencana,” jelasnya.

“Kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia, bersama komponen masyarakat lain ada dari pemerintahan, Polisi, organisasi yang ada di masyarakat, Tagana dan seluruhnya kita ajak untuk berperan serta,” sambung Kolonel Inf. Fikri Ferdian.

Lebih lanjut, Dandim 0606/Kota Bogor menyebut total ada 300 bibit pohon jenis buah-buahan yang akan ditanam di seluruh wilayah di Kota Bogor.

“Untuk disini ada 50 pohon, yang ditanam adalah tanaman yang bisa menghasilkan dan bermanfaat untuk masyarakat yakni pohon buah-buahan, dan juga sebagai penahan air ketika terjadi hujan,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Katulampa Irwansyah mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilakukan Jajaran TNI, bersama unsur masyarakat lainnya sebagai upaya mengantisipasi bencana di Kota Bogor.

Baca juga: Simak, Prakiraan Cuaca Bogor Sabtu 2 Desember 2023

“Insya Allah Minggu depan akan mengadakan kerja bakti secara menyeluruh di setiap RW. Kami melibatkan masyarakat dalam program karya padat,” ucap dia.

Saat disinggung alasan memilih lokasi, Lurah Katulampa menyebut lahan tersebut masih kosong dan ketika hujan terjadi genangan.

“Saya berharap serapan air lebih bagus dan asri. Karena di Katulampa sendiri ada wilayah rawan longsor yakni di RW 07, 04, 19, sedangkan RW 04 rawan banjir karena saluran air belum tertata lebih bagus dan bertebing,” tandas Irwansyah.

Kegiatan penanaman pohon tersebut juga dihadiri Tokoh Bogor Guntur Santoso.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari