25 radar bogor

Perpustakaan Sekolah Harus di Upgrade, Ini Alasannya

GARUT-RADAR BOGOR, Persoalan membaca sudah masuk ke rumusan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dari jumlah 443.939 sekolah di Indonesia, jumlah perpustakaan sekolah yang berdiri hanya 199.597 unit. Lebih miris lagi, jumlah tenaga perpustakaan sekolah baru ada 54.763 orang.

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menguraikan setidaknya ada empat kesenjangan di perpustakaan sekolah. Pertama, pemahaman dan keterampilan yang diperlukan pengusaha untuk beroperasi secara efektif dalam lingkungan digital.

Baca Juga : Perpustakan Daerah Kabupaten PPU Miliki Peran Tingkatkan Literasi

Kedua, tidak semua tenaga perpustakaan sekolah memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008. Ketiga, tenaga perpustakaan masih banyak dirangkap oleh guru sekolah. “Dan keempat, soal ketidakjelasan status kepegawaian tenaga perpustakaan sekolah,” urainya pada talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Universitas Garut, Sabtu, (1/12/2023).

Selain keempat faktor yang dianggapnya sebagai kesenjangan di perpustakaan sekolah, Ferdiansyah kembali mengingatkan enam literasi dasar yang mutlak dimiliki masyarakat, yaitu literasi baca-tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya, dan kewarganegaraan.

Ferdiansyah lantas menyoroti kebiasaan orang Indonesia yang sanggup menatap layar 5-7 jam per harinya tapi sulit untuk membiasakan membaca buku.

“Mungkin, di level sekolah harus dibuat peraturan jika ingin lulus sekolah harus merangkum buku,” saran Ferdi.
Pendidikan sejatinya menghasilkan bangsa yang cerdas. Tidak semata mengandalkan lembaga sekolah. Pendidikan juga harus disentuh dari rumah.

Baca Juga : Perpusnas Beri 27 Penerbit dan Produsen Rekam Penghargaan

“Indikator bangsa yang cerdas tampak dari kesejahteraannya,” ucap Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.

Namun, parameter cerdas bukan hanya pandai tetapi juga dilihat dari karakter, sopan santun, kejujuran, etos kerja. Jika ingin menjadi pemenang, jadilah negara produsen.

“Tanpa kontribusi pendidikan, perubahan ekonomi tidak akan bisa jalan,” terang Syarif Bando.

Di Kabupaten Garut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Totong, mengatakan pihaknya juga memiliki tantangan yang tidak ringan. Sebagai perpustakaan umum, perpustakaan umum sedang bertransformasi menjadi wadah repositori pengetahuan nasional, market place, co-working space, inisiator digital publishing, dan inklusi sosial.

Sementara itu, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IPI Garut Asep Nurjamin mengatakan literasi digital adalah pemahaman dan keterampilan yang diperlukan pengusaha untuk beroperasi secara efektif dalam lingkungan digital.

Perlu diperhatikan beberapa kata kunci ketika mengenal dan memahami literasi digital, seperti advertising, personal selling, interactive marketing, dan sebagainya

“Dalam literasi digital ada hal-hal yang wajib diperhatikan, antara pemahaman platform digital, keamanan digital, pemasaran digital, e-commerce, analisis data, inovasi teknologi, kolaborasi, dan keterampilan soft digital,” pungkas Asep. (*)

Editor : Ruri Ariatullah