25 radar bogor

Serahkan 8 Unit Helikopter H-225M ke TNI AU, Menhan : Untuk Damai Harus Siap Perang

Helikopter
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan secara simbolis 8 unit Helikopter kepada TNI AU di Lanud Atang Sendjaja Kota Bogor. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan 8 unit Helikopter Angkut Berat jenis H-225 M kepada TNI Angkatan Udara (AU) di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, pada Jumat (1/12/20234).

Baca Juga : Ribuan Pelari Jajal Landasan Pacu Lanud ATS di Event Bogor Runway Run

Helikopter H-225M diserahkan setelah melalui proses re-assembly di PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Helikopter ini dapat mengangkut beban maksimal sebesar 11.200 Kilogram atau 24.692 lb dengan external load, yang ditujukan dalam melaksanakan berbagai misi operasi angkutan udara.

Alutsista yang ditenagai sepasang mesin turboshaft Makila 2A1 buatan Turbomeca yang masing-masing berdaya 2.156 shp. Kecepatan terbang maksimum Helikopter H-225M dapat mencapai 324 km/jam dengan ketinggian terbang hingga 5.343 meter atau 4110 kaki dan jarak tempuh hingga 920 Kilometer.

Prabowo mengatakan, penyerahan helikopter tersebut menjadi upayanya membangun kekuatan pertahanan yang tujuannya melindungi negara dan rakyat seperti yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945. Sebab menurut dia keselamatan, kekayaan, san masa depan bangsa dijamin oleh pertahanan yang kuat.

“Ini belum seberapa dengan kebutuhan kita. Sebagai negara yang besar di dunia dan memiliki wilayah yamg luas setara eropa, Indonesia butuh banyak pertahanan. Makanya harus mengerti memiliki angkatan perang adalah mutlak untuk menjamin kemerdekaan,” ujar dia.

Dirinya menekankan penyerahan helikopter H-225 bukan untuk memberikan kesan ‘gagah-gagahan’ atau mengancam pihak lain, melainkan menjaga perdamaian dan kemerdekaan.

“Kita ingin damai dan tetap merdeka dan berdaulat. Dan untuk damai kita harus siap perang. Itu hukum sejarah. Kalau tidak mau perang dan punya pertahanan kuat pasti akan dilindas bangsa lain, dan nasibnya akan punah,” tutur Prabowo.

Baca Juga : Sambut HUT Kodiklatau, Wingdik 500/ Umum Lanud ATS Gelar Bogor Runway Run, Minggu Besok

Dengan kemampuan yang dimiliki, H-225M menjadi alutsista TNI AU yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, baik tugas Operasi Militer Perang (OMP), maupun tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain alutsistanya, Kementerian Pertahanan juga menyerahkan Simulator Helikopter H-225M yang juga ditempatkan di Lanud ATS. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep