25 radar bogor

Masa Jabatan Direksi Perumda PPJ bakal Diperpanjang, Begini Kata Ketua DPRD

Atang Trisnanto soal Direksi Perumda PPJ bakal diperpanjang
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto soal masa jabatan Direksi Perumda PPJ yang bakal di perpanjang.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto angkat suara terkait rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan perpanjangan masa jabatan Direksi Perumda PPJ (Pasar Pakuan Jaya).

Baca Juga : Rapat Kerja Bareng Perumda PPJ, Komisi III Bahas Pembangunan Pasar Jambu Dua

Atang Trisnanto mengaku sudah meminta Komisi II DPRD Kota Bogor untuk melakukan penelahaan dan pengkajian rencana perpanjangan direksi Perumda PPJ.

“Kalau dalam konteks pemilihan direksi itu kan memang otoritas dari walikota, (sedangkan) kami (DPRD) dalam konteks mengatasi kinerjanya seperti apa,” kata Atang Trisnanto kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Ketua DPRD Kota Bogor menilai beberapa pengelolaan pasar yang saat ini dijabat oleh Direktur Utama Muzakkir, Direktur Umum Jenal Abidin dan Direktur Operasional Deni Ari Wibowo, dinilai sangat baik.

Namun demikian, untuk beberapa hal lainnya masih banyak yang buruk, termasuk beberapa pekerjaan yang saat ini tertunda.

“Seperti pembongkaran Plaza Bogor, kemudian masalah Pasar Jambu Dua, Komisi II dan komisi terkait langsung turun ke sana, jadi kita sudah sampaikan pengawasan itu,” ucapnya.

Atas hal itu, terkait lambatnya progres rencana revitalisasi Plaza Bogor, Atang Trisnanto menilai bahwa kinerja Direksi Perumda PPJ dinilai buruk.

“Buat apa pengosongan di buru-buru tapi tidak segera dibangun, ini kan sayang padahal masyarakat bisa bekerja dan berusaha di sana terlebih dahulu,” cetus Atang Trisnanto.

Disisi lain, untuk rencana perpanjangan masa jabatan direksi Perumda PPJ adalah merupakan kewenangan wali kota Bogor.

“Tentu saya kira kepala daerah punya pertimbangan tersendiri atas kinerja yang sekarang, dan siapa yang dipilih oleh kepala daerah untuk memimpin Perumda Pasar Pakuan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Politisi PKS itu menilai masih banyak kandidat untuk menggantikan direksi Perumda PPJ Periode 2019-2024.

“Itu tergantung kacamata kepala daerah nantinya, tapi saya yakin Kota Bogor punya banyak stok, banyak orang, kalau yang sekarang dianggap mumpuni silahkan dilanjutkan, kalau ada yang lebih bagus kenapa tidak dicoba,” tandas Atang Trisnanto.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebut ada kemungkinan melakukan perpanjangan masa jabatan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya.

Diketahui, masa jabatan Perumda PPJ Kota Bogor periode 2019-2024 yang saat ini dijabat oleh Direktur Utama Muzakkir, Direktur Umum Jenal Abidin dan Direktur Operasional Deni Ari Wibowo, akan habis pada awal tahun depan.

Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membentuk panitia seleksi.

Dedie A Rachim mengatakan, alasan kemungkinan perpanjangan masa jabatan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor, salah satunya terkait pencapaian direksi yang dianggap sudah sangat baik dan masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan.

“Sebetulnya ada pencapaian yang sangat baik dari direksi BUMD, khususnya Perumda Pasar Pakuan Jaya. Sebetulnya bukan hanya itu, Perumda Tirta Pakuan dan Bank Kota Bogor juga baik, tapi kan hanya Perumda Pasar Pakuan Jaya yang (masa jabatan direksi) mendekati akhir,” kata Dedie Rachim di DPRD Kota Bogor, Kamis (16/11).

Selain dianggap berprestasi, kata dia, masih ada harapan untuk menyelesaikan PR yang kini masih berproses.

Diantaranya proses revitalisasi Pasar Padasuka (Cumpok), Plaza Bogor dan revitalisasi beberapa pasar lain. Termasuk, sambung dia, PR mengelola Pasar Teknik Umum (Pasar TU Kemang) agar lebih baik.

Diketahui, Pasar TU Kemang baru saja diambil alih oleh Pemkot Bogor setelah ada keputusan Mahkamah Agung dan sudah ditindaklanjuti dengan proses eksekusi.

“Nah, berbagai pertimbangan itulah yang kemudian muncul keinginan kita untuk memperpanjang (masa jabatan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya). Supaya PR-PR itu bisa selesai sesuai harapan,” jelas Dedie Rachim.

Untuk teknis perpanjangan masa jabatan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya, kata dia, ada harapan untuk dilakukan perpanjangan satu paket alias semua jajaran direksi.

“Kalau bisa satu paket (ya bagus), kan ada pertimbangan kinerja hingga pertimbanan dewan pengawas, nanti itu kita lihat,” tandas Dedie Rachim.

Baca Juga :Masa Jabatan Segera Berakhir, Dedie Isyaratkan Perpanjang Direksi Perumda PPJ

Mengutip laman Kemendagri, aturan perpanjangan direksi BUMD termaktub dalam Permendagri RI nomor 37 tahun 2018 tentang Pengangakatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi BUMD.

Pada Pasal 51 ayat 1 menyebut, anggota direksi BUMD diangkat untuk masa jabatan paling lama 5 tahun dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep