25 radar bogor

Sejumlah Kota Besar Bakal Diguyur Hujan Lebat, BMKG : Akibat Bibit Siklon 95B

Ilustrasi citra satelit potensi hujan lebat
Ilustrasi citra satelit potensi hujan lebat

JAKARTA-RADAR BOGOR, Curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mengguyur sejumlah kawasan perkotaan di Indonesia. Hal itu dipicu oleh bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia Barat, Aceh.

Baca Juga : BMKG Sebut Gempa Dilaut Maluku Dipicu Deformasi Batuan Dalam

Menurut Prakirawan BMKG Nurul Fitria, bibit siklon tropis 95B saat ini terpantau di Samudera Hindia Barat dengan kecepatan maksimum mencapai 20 knots dan tekanan udara minimum 996, 4 IhPh.

“Sistem ini berdampak terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk wilayah Aceh dan Sumatera Utara,” kata Nurul Fitria dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Dia mengatakan bahwa pihaknya memprediksi Pulau Sumatera akan mengalami cuaca yang bervariasi. Kota Banda Aceh dan Pekanbaru berpotensi mengalami hujan petir, sementara di Kota Medan diprakirakan hujan sedang. Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan, sementara Kota Padang umumnya akan berawan.

“Waspadai potensi hujan petir di Kota Jambi dan potensi hujan lebat di Kota Pangkalpinang. Palembang dan Bandar Lampung umumnya hujan ringan, Kota Bengkulu umumnya berawan,” kata Nurul Fitria.

Prakiraan cuaca untuk Pulau Jawa menunjukkan potensi hujan dengan intensitas sedang di Kota Serang, Semarang, dan Surabaya. Sebaliknya, Jakarta diperkirakan cenderung berawan. BMKG mengimbau masyarakat di Kota Bandung untuk mewaspadai potensi hujan petir.

Sementara di Pulau Nusa Tenggara, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, dan warga di Kota Mataram diimbau untuk waspada terhadap hujan petir. Situasi serupa juga terjadi di Pulau Kalimantan, di mana Kota Pontianak, Banjarmasin, dan Tanjung Selor diimbau untuk mewaspadai hujan petir.

Palangkaraya umumnya akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, sedangkan Samarinda berpotensi hujan ringan. Waspada juga hujan lebat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Mamuju dan hujan petir di Kota Kendari. Selain itu, hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Makassar, Palu, dan Gorontalo.

Terakhir prakiraan cuaca di Indonesia bagian timur. Hujan berpeluang mengguyur Kota Ambon dan Kota Ternate. Waspada juga hujan lebat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Mamuju dan hujan petir di Kota Kendari. Selain itu, hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Makassar, Palu, dan Gorontalo.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Bogor : Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Sore Hingga Malam

Terakhir prakiraan cuaca di Indonesia bagian timur. Hujan berpeluang mengguyur Kota Ambon dan Kota Ternate. Sedangkan Manokwari dan Jayapura berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Suhu di wilayah Indonesia diperkirakan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban antara 50 hingga 100 persen. (*)

Editor : Yosep