25 radar bogor

HUT KORPRI Ke-52, Bupati: ASN Adalah Pelayan Masyarakat

Puncak perayaan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Bogor ke-52 tahun 2023 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (29/11).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Iwan Setiawan menekankan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berlaku sebagai pelayan masyarakat.

Hal itu disampaikannya pada puncak perayaan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Bogor ke-52 tahun 2023 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (29/11).

“Kita ini adalah pegawai pemerintah, artinya pelayan dan pengabdi masyarakat. Itu yang harus dipegang, bukan pemilik, seolah-olah ASN pemilik pemerintah, bukan, tetapi pegawai pemerintah,” ucap Iwan Setiawan.

Baca juga: Gerak Jalan Sehat Hingga Turnamen Drakor, Ramaikan Gebyar HUT Korpri ke-52 Kota Bogor

Sebagai ASN, kata dia, jangan menanamkan sikap sebagai pemilik maupun penguasa pemerintah. Namun bagaimana mengabdi kepada masyarakat sehingga pelayanan akan lebih baik.

Di samping itu, seiring berkembangnya jaman ASN juga dituntut untuk profesional serta beradapti dengan teknologi.

“Bagaimana pemerintah menghilangkan pelayanan tatap muka dengan masyarakat, ini harus menjadi kebiasan sebagai upaya mencegah perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme,” tegas Iwan.

Terlebih, lanjutnya, untuk menuju negara maju, Indonesia terus memperketat peraturan dan transparansi. Sehingga perlu menyesuaikan jaman dan melupakan kebiasaan lama dalam pelayanan.

Termasuk dalam proses rotasi mutasi jabatan. Iwan berpesan agar proses tersebut dapat dilakukan secara profesional menggunakan teknologi.

“Ke depan, proses rotasi mutasi menggunakan sistem merit yang sudah kita rancang melalui BKPSDM, jangan sampai profesionalisme hanya menjadi narasi, tapi dilaksanakan,” tukasnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari