25 radar bogor

Masuk Masa Kampanye, Bawaslu Kota Bogor Siapkan Jajaran Tingkatkan Pengawasan

Bawaslu Kota Bogor menggelar apel siaga pengawasan kampanye Pemilu 2024, di halaman kantor Bawaslu Jalan Burangrang, Kecamatan Bogor Tengah, pada Senin (27/11/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor menggelar apel siaga pengawasan kampanye Pemilu 2024, di halaman kantor Bawaslu Jalan Burangrang, Kecamatan Bogor Tengah, pada Senin (27/11/2023).

Baca Juga : Tahapan Kampanye Mulai Besok, Bawaslu Tekankan Pengawasan APK dan Medsos

Adapun, apel ini mempersiapkan jajaran Bawaslu, Panwascam hingga Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) untuk meningkatkan pengawasan di masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Bogor, Herdiyatna mengatakan, apel siaga ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari Bawaslu RI, Bawaslu Jabar dan sekarang di Kota Bogor.

Ini juga dilakukan untuk memperkuat kelembagaan, khususnya di badan Ad hoc, pengawas kecamatan dan kelurahan untuk meningkatkan pengawasan dalam menghadapi masa kampanye.

“Karena di dalam masa kampanye ini sudah harus siap untuk perang atau bertugas di lapangan. Kemudian untuk pengawasan Alat Peraga Kampanye (APK) sendiri, kami sudah hadir di kegiatan KPU terkait titik mana saja untuk APK,” kata Herdiyatna.

Dia menyebut APK menjadi prioritas untuk pengawasan. “Setiap minggunya juga telah diadakan rapat RDK, untuk membedah PKPU 15 dan Perbawaslu 11 tahun 2023 tentang kampanye,” ucapnya.

Sementara itu, Kordiv Pencegahan, Parman dan Humas Bawaslu Kota Bogor, Ahmad Fathoni menerangkan pihaknya akan mengidentifikasi potensi pelanggaran yang ada.

“Fokus pengawasannya itu baik dalam hal pelaku kampanye, ataupun materi kampanye,” ujarnya.
Namun, pihaknya menyadari bahwa saat ini dihadapkan dengan era digital yang harus diawasi.

“Pada kampanye ini kaitan dengan isu-isu hoaks berbasis digital, baik itu video dan sebagainya,” ungkapnya.

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terkait netralitas ASN, TNI dan Polri.
“Kaitan dengan pengawasan netralitas ASN, pertama kami melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, unsurnya ada pemerintah daerah. Kedua, kaitan sosialisasi dan netralitas ASN seperti apa dan juga kaitan dengan pengawasan partisipatif, ini yang akan menjadi salah satu fokus kami di Pemilu 2024,” tandas Ahmad Fathoni.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep