25 radar bogor

Israel dan Palestina Sepakati Gencatan Senjata, Berikut Rincian Perjanjiannya

Salah satu lokasi di Gaza yang hancur di bombardir Israel.

PBB-RADAR BOGOR – Setelah PBB meminta gencatan senjata pada Israel beberapa waktu lalu, akhirnya perjanjian gencatan senjata untuk pembebasan sandera antara Israel dan Palestina, Hamas tersebut disepakati pada Rabu (22/11).

Baca juga : Maraknya Kasus Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa, Ini Penyebabnya

Diketahui, perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Palestina itu akan ditengahi oleh Qatar. Gencatan senjata itu akan selama empat hari yang dimulai pada Kamis atau Jumat pekan ini.

Dikutip dari Antara, stasiun televisi Israel, Channel 12, membeberkan terkait beberapa rincian kesepakatan gencatan senjata.

Berikut beberapa poin yang berisi rincian perjanjian gencatan senjata yang telah disepakati oleh Israel dan Palestina:

  1. Jeda pertempuran selama 4 hari

Kesepakatan tersebut menetapkan jeda pertempuran selama empat hari. Pada masa itu, serangan udara akan diberhentikan selama enam jam dalam sehari.

  1. Perpanjangan gencatan senjata

Perjanjian tersebut memungkinkan gencatan senjata diperpanjang selama masa jeda pertempuran. Bantuan-bantuan kemanusiaan akan diperbolehkan masuk ke Jalur Gaza.

Bantuan kemanusiaan yang akan masuk diperkirakan berjumlah 300 truk, termasuk didalamnya terdapat bahan bakar yang sebelumnya sempat dibatasi oleh Israel.

  1. Membebaskan 50 warga Israel dan 150 warga Palestina

Pada perjanjian itu, 50 warga Israel yang disandera oleh Hamas akan dibebaskan. Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan 150 tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel.

Dapat disimpulkan rincian pembebasan sandera tersebut perbandingannya satu berbanding tiga. Dimana setiap satu orang Israel yang dibebaskan oleh Hamas, maka tiga orang Palestina juga akan dibebaskan.

Lebih lanjut, Channel 12 melaporkan bahwa warga Israel yang akan dibebaskan meliputi 30 anak-anak, 8 ibu, dan 12 perempuan lainnya.

  1. Pembebasan sandera dilakukan secara bertahap

Diperkirakan setiap harinya selama empat hari gencatan senjata, akan ada antara 12 dan 13 sandera Israel yang dibebaskan.

Baca juga : Buat Takjub, Seorang Wanita Kagum Saat Masuk Toilet di SPBU

Channel 12 melaporkan bahwa pada tahap pertama, 10 sandera Israel akan dibebaskan, hal tersebut akan diikuti dengan pembebasan 30 tahanan Palestina juga.(jpg)

Editor : Yosep/Taufik-Pkl