25 radar bogor

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Prestasi di Bakti Amal Peternakan Indonesia

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengikuti Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia (BAMPI) yang mengambil tema “Peningkatan Kualitas Ternak Lokal untuk Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional.

MATARAM–RADAR BOGOR, Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengikuti Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia (BAMPI) yang mengambil tema “Peningkatan Kualitas Ternak Lokal untuk Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional” yang dilaksanakan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin, (13/11).

Fauzan Farinduan, mahasiswa Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH), sekaligus bendahara umum Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI), dan Delegasi Polbangtan Bogor menjadi Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Membangun Desa.

Baca juga: Polbangtan Bogor Raih Keterbukaan Informasi Publik Kategori Informatif

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP], Dedi Nursyamsi, mengatakan, ke depan petani milenial harus mampu merefleksikan semangat kebangkitan dan kejayaan negara agraris sebagai jalan dan upaya pemerintah menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia.

“Peningkatan produktivitas pertanian dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan pengetahuan SDM pertanian, baik penyuluh maupun petani,” ujar Dedi.

Menurut Fauzan, desa merupakan kekuatan fundamental dari negara indonesia dan kegiatan BAMPI ini sebagai langkah konkret dari mahasiswa peternakan indonesia untuk mengamalkan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Fauzan menambahkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini diantaranya untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan antar anggota ISMAPETI, meningkatkan peran ISMAPETI sebagai generasi muda untuk mengembangkan jiwa sosial kepada masyarakat utamanya pada sektor peternakan untuk mewujudkan kedaulatan pangan asal ternak.

Baca juga: Polbangtan Gelar MAF, Petani Muda Ikut Andil Membangun Pertanian

Manfaat lain di antaranya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa peternakan dalam mengembangkan peternakan lokal yang berkelanjutan.

Memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat melalui bakti sosial berupa penyuntikan terhadap ternak dan posyandu ternak.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengembangan peternakan lokal yang berkelanjutan agar terciptanya ketahanan pangan nasional,” jelas Fauzan. (mul)

Editor: Rany Puspitasari