25 radar bogor

Revisi Perda RTRW, 4 Kecamatan di Bogor Barat Ini Bakal Jadi Kawasan Industri

Sekda Kabupaten Bogor
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencantumkan beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor Bagian Barat sebagai Kawasan Peruntukan Industri (KPI) pada Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk merevisi Perda Nomor 11 Tahun 2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bogor 2016-20236.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin saat Pansus DPRD Raperda RTRW meminta adanya KPI di Kabupaten Bogor bagian Barat.

Burhanudin menyebut, ada lahan sekitar 1.000 hektare di dua kecamatan yang dicantumkan di RTRW untuk dijadikan KPI di Kabupaten Bogor bagian Barat.

“Kalau dibaca detail di Perda RTRW, di Bogor Barat itu sudah ada zona KPI. Zona Bogor Barat itu sebagian di Kecamatan Tenjo dan sebagian Jasinga itu dibuka disitu 750 sampai 1.000 hektare untuk KPI,” kata Burhanudin, Kamis 16 November 2023.

Selain itu, KPI di Kabupaten Bogor bagian Barat juga dipetakan di Kecamatan Rumpin dan Parungpanjang. Namun, tidak seluas di perbatasan Jasinga dengan Tenjo.

“Ada empat titik KPI, Kecamatan Rumpin, Parungpanjang, yang saya tahu yang paling gede itu wilayah Jasinga yang berbatasan dengan Tenjo dan itu tinggal dilihat,” papar dia.

Burhanudin menyebut, disebarkannya peta KPI dalam RTRW itu dilakukan agar KPI tidak menumpuk pada satu wilayah saja. “Itu supaya kawasan industri engga numpuk di tengah, di Cibinong atau di daerah timur saja,” tutup dia. (*)

Editor : Yosep