25 radar bogor

Tentukan 3 Besar, Juri Bogorku Bersih Ketegori Permukiman Swadaya Lakukan Penilaian Akhir

Juri Bogorku Bersih
Juri Bogorku Bersih kategori Permukiman Swadaya foto bersama warga usai penilaian. IKI/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim juri lomba kebersihan Bogorku Bersih kategori permukiman swadaya 2023 lakukan penilaian akhir di 6 lokasi berbeda. Penilaian akhir ini dilakukan untuk menentukan juara 1-3.

Baca Juga : Masuk Finalis Bogorku Bersih, Tim Juri Utama Sambangi 10 SMP

Enam lokasi yang dikunjungi yaitu RT 4 RW 4 Tegallega, RT 5 RW 3 Cimahpar, RT 4 RW 3 Bojongkerta, RT 4 RW 7 Rancamaya, RT 3 RW 9 Cipaku, dan RT 6 RW 7 Empang.

Koordinator Juri Bogorku Bersih Permukiman Swadaya Gatut Susanta mengatakan penilaian akhir ini dilakukan untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.

Tentu setiap permukiman memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemenangnya akan ditentukan dari skor tertinggi yang didapatkan dan hasil musyawarah juri.

“Jadi memang kami akan obyektif menilai lewat skor, ya. Setiap juri masing-masing menentukan penilaiannya sendiri sesuai indikator yang dipakai lalu digabungkan nanti,” katanya.

Indikator yang dipakai sendiri terbagi atas empat yaitu urban farming, sanitasi lingkungan, pengelolaan sampah, inovasi, kreativitas dan kebijakan.

Gatut mencontohkan seperti sanitasi berbicara soal bagaimana air hujan itu ditampung atau dibiarkan begitu saja.

“Kami mencari juga inovasi apa yang dilakukan masyarakat serta apa kerjasama yang dilakukan dengan pihak luar dalam pengembangan kawasan mereka,” terangnya.

Gatut menjelaskan dari pemantauan lapangan, setiap kawasan memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing tergantung luas kawasan maupun kemampuan masyarakat.

Kawasan di pemukiman padat cenderung banyak memanfaatkan halaman rumah dan dinding untuk dihias berbeda dengan daerah pinggiran yang masih banyak lahan kosong untuk dimanfaatkan.

“Saat ini cuaca berubah-ubah sehingga masyarakat juga seringkali kesulitan dalam hal membuat sesuatu dan kemudian terhalang hujan. Tapi ada juga keuntungan kita bisa lihat bagaimana sistem irigasi dan bioporinya bekerja,” jelasnya.

Baca Juga : Sambangi Finalis Bogorku Bersih Kategori SD, Begini Penilaian Juri Utama

Lebih lanjut, Dewan Pengawas Perumda Pasar Pakuan ini berharap masyarakat tidak berhenti menjaga lingkungannya setelah selesai lomba Bogorku Bersih. Sebab kebersihan yang dilakukan menjadi investasi kesehatan dan masa depan masyarakat sekitar.

“Mereka perlu mungkin adakan agenda terus supaya semangat menjaga lingkungan tetap terjaga,” harapnya. (cr1)

Reporter : Iki
Editor : Yosep