25 radar bogor

Luhut Binsar Pandjaitan Sudah Keluar RS Singapura, Benarkah Siap Pulang ke Indonesia?

Luhut Pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Youtube Kemenko Marves/Antara)

BOGOR-RADAR BOGOR, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sudah sepenuhnya sembuh dari ruang perawatan di RS Singapura, dan kini siap pulang ke Indonesia. Saat ini kondisi Luhut Binsar Pandjaitan menurut kabar yang beredar luas memang sudah membaik.

Baca Juga: Gantikan Luhut Sebagai Menko Marves Ad Interim, Erick Tohir Tuai Pujian

Juru bicara Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi mengonfirmasi bahwa Luhut telah keluar dari rumah sakit tempat sang Menko Marves dirawat di Singapura. Luhut dirawat lantaran diduga mengalami kelelahan yang luar biasa. Maka dari itu Luhut Binsar diharuskan untuk beristirahat total agar mendapat proses pemulihan yang cepat.

Memang benar bahwa Luhut sudah keluar dari ruang perawatan di rumah sakit, tapi dirinya sekarang masih di Singapura dan belum balik ke Indonesia karena diharuskan menjalani kontrol dokter sampai kondisinya kembali fit 100 persen.

Luhut juga sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Jakarta. Presiden Jokowi dikabarkan telah menugaskan tim dokter kepresidenan untuk merawat Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut pun mengakui bahwa banyak pihak yang mendoakan kesembuhannya dengan harapan agar dirinya segera pulih. Namun, atas tawaran dari sahabatnya, ia akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pemulihan di Singapura.

Tujuan dari pergi ke Singapura adalah untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih komprehensif. Luhut mengungkapkan keputusannya ini dalam akun Facebook-nya yang telah terverifikasi pada Sabtu, 4 November 2023.

Dia menyatakan bahwa tawaran dari sahabat serta harapan dari keluarganya mempengaruhi keputusannya ini. Luhut juga menyebutkan bahwa di Singapura, ia hanya ditemani oleh istri, anak, dan ajudannya. Segala urusan terkait pekerjaannya pun ditangani oleh ajudan yang memegang ponsel miliknya.

Menurut Luhut, menjalani pemulihan jauh dari rumah ternyata merupakan pilihan yang bijak. Hal ini terlihat dari kemajuan kondisinya yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Saat ini, dia bahkan sudah diperbolehkan untuk sesaat memegang ponsel dan menengok urusan pekerjaannya, meskipun belum sepenuhnya.

Baca Juga: Luhut Ikut Jokowi ke Afrika, Sandiaga Uno Jadi Menko Marves

Selama dirawat di Rumah Sakit di Singapura, Luhut juga menerima kunjungan dari Presiden Jokowi pada awal November yang lalu. Jokowi memberi kabar bahwa kondisi Luhut terus membaik. (net/dis)

Editor: Yosep/Alma-Radar Bogor