25 radar bogor

Veda Ega Pratama Pembalap Muda Asli Gunungkidul

Veda Ega Pratama berhasil mengantongi Prestasi Tertinggi di Ajang AITC 2023
Veda Ega Pratama, secara resmi akan menapaki babak baru dalam karir balapnya setelah diumumkan bahwa ia akan bersaing di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024.

JEPANG-RADAR BOGOR, Usianya masih belia, namun Veda Ega Pratama sudah mengantongi prestasi yang membanggakan Indonesia. Terbaru di ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2023.

Baca Juga : Tampil di World Supersport 300, Pembalap Binaan Yamaha Indonesia Siap Bertarung

Pria 14 tahun itu popular usai mengunci gelar juara Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2023, di Jepang pada Minggu (12/11).

Performanya begitu impresif di ajang juara Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2023, memenangkan tujuh race dari 10 hari. Ia berhasil mengunci gelar juara meski masih tersisa satu seri.

Rekor tujuh race kemenangan pria asli Wonosari Gunung Kidul itu menyamai rekor dari Taiyo Firosato pada 2021. Taiyo seorang jawara umum IATC 2021 dengan Tujuh Race Poin Sempurna.

Sebelum mengikuti ajang IATC 2023, prestasi Veda Ega Pratama ternyata sudah moncer di beberapa ajang kelas dunia, seperti motor MotoGP dan WSBK.

Meski tinggal di desa kecil, tak menyulutkan Veda Ega Pratama meraih prestasi di kancah dunia. Beberapa prestasi telah ditorehkan di musim sebelumnya ajang IATC 2022.

Sebagai pembalap termuda di ajang Idemitsu Asian Talent Cup musim sebelumnya, pembalap binaan Astra Honda Racing School ini mengoleksi total 6 podium juara dari 9 balapan yang diikuti.

Tiga diantaranya podium pertama. Artinya, hanya 3 kali balapan yang dilalui Veda tanpa meraih juara.

Kali pertama menaiki podium di putaran pertama IATC di Losail Qatar pada 6 Maret 2022. Di Race kedua Veda Berhasil merrebut podium kedua.

Berikutnya di putaran ke-4 di Buriram, Thailand pada 2 Oktober 2022. Di Race pertama ia berhasil merebut podium kedua.

Disempurnakan pada Race Kedua dengan hasil Podium pertama. Inilah kali Pertama Indonesia Raya berkumandang di ajang IATC.

Pada putaran ke-5 di Sepang Malaysia pada 23 Oktober 2022, Veda Ega Pratama kembali mengibarkan Merah Putih di podium kedua saat race kedua.

Dan Puncaknya di seri IATC putaran Mandalika 2022. Pembalap dengan nomor start 7 ini sukses menyabet Double Winner di dua race.

Baca Juga : Menabung di BRI Simpedes, Uang Aman Dapat Ribuan Hadiah Lagi

Meskipun sempat absen di dua race saat putaran kedua di sirkuit Mandalika dikarenakan cedera, Veda Ega Pratama masih mencetak hasil gemilang di akhir musim kompetisi, total 141 poin. Sehingga menempatkan Veda sebagai pembalap terbaik ketiga di musim lalu. (JPG)

Editor : Yosep/Welinda-PKL