25 radar bogor

Wujudkan Zero Waste, Ketua TP-PKK Ikuti Workshop Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Ketua TP-PKK

BANDUNG-RADAR BOGOR, Ketua TP-PKK Halimatu Sadiyah Iwan mengikuti Workshop Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, di Gedung Pakuan, Bandung, Senin (13/11/2023). Hal ini sebagai komitmen keseriusan PKK Kabupaten Bogor dalam mewujudkan pengelolaan sampah rumah tangga dengan pendekatan zero waste.

Baca Juga : Hari Pahlawan, Pemkab Bogor Ingatkan Cegah Ancaman Penjajah Modern dengan Perangi Kebodohan

Kegiatan workshop dibuka oleh Pj. Ketua TP-PKK Jawa Barat dan diikuti seluruh ketua dan jajaran anggota TP-PKK Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat. Membuka kegiatan tersebut, Pj. Ketua TP-PKK Jawa Barat, Amanda Setyaningsih mengungkapkan, beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan kejadian kebakaran di TPA Sarimukti yang berdampak pada terjadinya darurat sampah di Bandung Raya.

Ia mengungkapkan, ternyata situasi yang mirip, terjadi juga di banyak tempat di Indonesia. Hikmah besar dari kejadian tersebut adalah kita disadarkan bahwa pengelolaan sampah yang selama ini mengandalkan TPA ternyata bukanlah solusi terbaik dan masih meninggalkan bom waktu masalah di kemudian hari.

“Diperlukan sebuah kebersamaan agar sampah bisa ditangani sedini mungkin dengan pendekatan zero waste yang saat ini juga menjadi tren pengelolaan sampah di dunia. Kegiatan ini sangat penting, karena kontribusi kecil dari tiap-tiap wilayah untuk mengatasi sampah, akan menjadi sesuatu yang berharga untuk Jawa barat,” ungkap Amanda.

Amanda menambahkan, PKK sebagai salah satu mitra strategis pemerintah tentunya memiliki kesempatan besar dalam berkontribusi dalam penyelesaian masalah sampah, khususnya sampah rumah tangga. Workshop pengelola sampah rumah tangga ini ada agar para anggota PKK menjadi garda terdepan dalam mengarahkan pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar.

“Manfaat jangka panjangnya adalah menumbuhkan kesadaran dan budaya masyarakat untuk mengelola sampah sejak dini dari sumbernya, khususnya sampah rumah tangga. Harapannya workshop pada hari ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh dan hasilnya dapat diaplikasikan di daerah masing-masing,” tandas Amanda.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan mengatakan, dirinya mengikuti workshop tersebut sebagai bukti keseriusan PKK Kabupaten Bogor menjadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat agar dapat mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar.

Baca Juga : Hadiri Donor Darah, Ketua TP-PKK Meriahkan HUT Ardhya Garini Bakorcab Bogor

“Diperlukan sebuah komitmen bersama untuk mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah rumah tangga dengan pendekatan zero waste. Tentunya apa yang didapat dari workshop hari ini akan diaplikasikan di Kabupaten Bogor. Harapannya, PKK Kabupaten Bogor bisa berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan sampah,” kata Halimatu Sadiyah Iwan. (*)

Editor : Yosep