25 radar bogor

UMP Jawa Barat Bakal Naik, Begini Kondisi Untuk Kota Bogor

Sekda syarifah soal UMP Jawa Barat
Sekda syarifah soal UMP Jawa Barat yang bakal naik di 2024.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah pusat melalui Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyatakan akan meningkatkan Upah Minimum Provinsi atau UMP 2024. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan pada 10 November 2023.

Baca Juga : Menaker Pastikan Upah Minimum Naik Seiring Terbitnya Aturan Baru

Ida meminta para kepala daerah menentukan UMP 2024 selambatnya pada 21 November 2023 dan upah minimum kabupaten/kota (UMK) pada Kamis (30/11).

“Kami meminta para Gubernur, Kepala Dinas yang membidangi ketenagakerjaan, serta Dewan Pengupahan Daerah agar menjalankan tugas sebagaimana amanat peraturan pemerintah ini, dan penetapan UMP dan UMK,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/11/2023) lalu.

Menanggapi kebijakan tersebut Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan Pemerintah Kota Bogor belum menerapkan kenaikan UMK. Ia menyebut pihaknya masih membahas terkait hal itu dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“UMP ini kan persetujuan dengan Jabar juga. Kami masih lihat (kemungkinan adanya kenaikan). Terkadang kenaikan upah tidak terlepas dari circle daerah sekitarnya. Jadi kami saling lihat, ” ujarnya kepsda Radar Bogor, Senin (13/11/2023).

Syarifah mengatakan, Pemkot masih akan berkomunikasi dengan wilayah sekitar Kota Bogor di Jabodetabek. “Kalau misal harga kita jauh di bawah kami akan bandingkan dengan wilayah sekitarnya yang 1 klaster,” terang dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep