25 radar bogor

Indonesia U-17 Bakal Lebih Agresif Hadapi Panama U-17

SURABAYA-RADAR BOGOR, Indonesia U-17 punya amunisi tambahan jelang melakoni laga kedua Piala Dunia U-17: Amar Brkic. Diare yang sempat diderita pemain yang lahir di Frankfurt, Jerman, itu sudah sembuh.

Amar dipastikan siap menjalani debut di Piala Dunia U-17 dalam bentrok kontra Panama U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, malam ini. “Amar sudah berlatih dengan kondisi 100 persen,” kata pelatih Indonesia U-17 Bima Sakti di Surabaya kemarin (12/11).

Kehadiran Amar sangat dibutuhkan oleh Bima. Sebab, dia berharap tim asuhannya bisa bermain lebih agresif. Saat bermain imbang 1-1 dengan Ekuador dalam laga pembuka grup A Jumat (10/11) lalu, Iqbal Gwijangge dkk, terutama di awal babak pertama dan di mayoritas babak kedua, memang lebih banyak tertekan.

Baca Juga: Cetak Sejarah, Indra Sjafri Berharap Timnas U-20 Berlaga di Piala Dunia U-20 2025

“Kami harus ambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Dukungan dari suporter yang ada di stadion jelas bisa membantu kami,” ucap pelatih 46 tahun itu.

Amar diharapkan Bima bisa mendukung keinginan menggebrak sejak awal itu. Musim ini pemain berdarah Jerman-Serbia dan Indonesia itu sudah tampil dalam 8 laga di Bundesliga U-17 bersama Hoffenheim. Bermain sebagai winger kanan, dia sudah mencatatkan 3 gol.

Pemain abroad lainnya, Welber Jardim, juga sangat antusias menyambut debut Amar. “Bagi saya, Amar pemain bagus. Saya senang dia bisa turun dan membantu tim. Tapi tentunya semua pemain pasti akan bekerja keras,” beber bek Sao Paolo, Brasil, tersebut.

Apalagi juga ada Riski Afrisal di winger kiri. Pemain akademi Madura United itulah yang mengirim assist untuk gol Garuda Asia di laga pertama yang dicetak Arkhan Kaka.

Tapi, Jardim mewanti-wanti lini belakang untuk waspada. Sebab, Panama U-17 punya serangan balik cepat. Dia sudah melihat potongan video laga saat Panama U-17 kalah 0-2 oleh Maroko U-17 (10/11).

“Mereka bagus saat satu lawan satu. Karena itu, coach Bima memberikan materi satu lawan satu di latihan. Mereka memulai serangan dari sisi luar, saya harus waspada,” jelas Jardim yang bisa bermain sebagai bek kanan maupun kiri itu.

Bima bahkan terang-terangan menyebut dua nama pemain yang membuatnya khawatir: Eric Morena dan Oldemar Castillo. Morena striker, sementara Castillo winger kiri. “Dua pemain ini memiliki kualitas individu yang sangat baik. Kami harus antisipasi kelebihan mereka dengan hati-hati,” jelasnya.

Meski kalah oleh Maroko U-17 di laga perdana, Panama U-17 tidak bisa dipandang sebelah mata. Secara statistik mereka lebih dominan kala itu dengan mencatatkan 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 16 tembakan berbanding Maroko U-17 yang mencatat 11 tembakan saja.

Pelatih Panama U-17 Mike Stump sadar bakal habis-habisan dalam laga kedua kontra Garuda Asia. “Karena kami kalah dua gol (melawan Maroko U-17), kami harus mencetak lebih banyak gol di laga kali ini. Saya sudah melihat dan mempelajari bagaimana cara Indonesia bermain,” ucap pelatih yang hobi surfing itu.

Baca Juga: Wakil Ketua Umum PSSI Klarifikasi Usai Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-17 2023 Digunjingkan Netizen

PERKIRAAN PEMAIN

Indonesia U-17 (4-3-3): 1-Ikram Al Giffari (g); 12-Welber Jardim, 14-Sultan Zaky, 21-Iqbal Gwijangge (c), 3-Tonci Shouter; 7-Figo Dennis, 18-Jehan Pahlevi, 10-Ji Da-bin; 16-Amar Brkic, 8-Arkhan Kaka, 11-Riski Afrisal

Pelatih: Bima Sakti

Panama U-17 (4-3-3): 1-Manuel Romero (g); 2-Juriel Nereida (c), 3-Martin Krug, 5-Juan Hall, 6-Anel Ryce; 18-Hector Rios, 8-Aldair Marta, 11-Oldemar Castillo; 16-Jael Pierre, 10-Eric Moreno,7-Kevin Walder

Pelatih: Mike Stump

Venue: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya
Kickoff: Pukul 19.00 WIB (Jpg)

Editor : Yosep/Rachmi-pkl