25 radar bogor

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Ratusan Warga Kota Bogor Senam Bersama

Mempringati World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia 2023, Tropicana Slim bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengadakan kegiatan senam bersama di Taman Heulang Bogor, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Minggu (12/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Mempringati World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia 2023, Tropicana Slim bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengadakan kegiatan senam bersama di Taman Heulang Bogor, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Minggu (12/11).

Kegiatan senam yang dihadiri 500 orang dari berbagai komunitas itu, sekaligus mengkampanyekan bahaya diabetes, dan melakukan gerakan Hands4Diabetes dengan misi mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli untuk mencegah dan melawan diabetes.

Baca juga: Panji Petualang Akui Diabetesnya Semakin Parah Usai Digigit Ular Kobra

Head of Department PT Nutrifood Indonesia Nina Agustriana mengatakan, peringatan Hari Diabetes Sedunia yang diinisiasi PT Nutrifood Indonesia melalui brand Tropicana Slim dilakukan setiap tahun, dan tahun ini tersebar di 37 kota di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini sekaligus bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional, dan untuk senam bersama ini di Kota Bogor melibatkan 500 orang, sedangkan secara keseluruhan totalnya 48.000 orang,” kata Nina Agustriana.

Menurut dia, PT Nutrifood Indonesia memiliki misi untuk menginspirasi agar masyarakat melakukan hidup sehat.

Sebab, seperti diketahui Indonesia menempati posisi ke lima dengan kasus diabetes tertinggi di dunia.

Menurut data Internasional Diabetes Federation pada 2021, penderita diabetes dengan usia 20-79 tahun mencapai 19,5 juta dan menyebabkan kematian setiap 5 detiknya.

“Kami bersama pemerintah kota Bogor ingin menunjukan komitmen kami untuk bisa mengedukasi masyarakat Bogor untuk lebih memahami fakta-fakta diabetes, karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan, sebisa mungkin mencegah dari awal untuk membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak,” ucapnya.

Lebih lanjut, melalui gerakan kampanye ini bisa bersama-sama melawan diabetes dan menurunkan kondisi orang-orang yang sudah terkena diabetes agar bisa mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tidak memperparah kondisinya.

“Kami mengajak Komite Olahraga Masyarakat Indonesia, dan Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia dan komunitas kesehatan yang peduli dengan bahaya diabetes supaya semakin banyak orang yang kenal dengan bahaya diabetes yang tidak bisa disembuhkan itu,” katanya.

Baca juga: Anda Penderita Diabetes Tipe 2? Berikut Cara Aman Berpuasa Ramadan

Menurut dia, tentunya upaya pencegahan harus dimulai dari produk yang dikonsumsinya harus tepat, dan menerapkan gaya hidup yang sehat salah satunya melalui senam.

“Selain senam ada edukasi masyarakat terkait dengan penyakit diabetes, kami juga menghadirkan dokter agar bisa berkonsultasi langsung,” jelas dia.

Tropicana Slim juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan juga dari Fakultas Kedokteran Indonesia, dan komunitas obat diabetes mengkampanyekan Hands4Diabetes.

“Kami mengajak agar lebih peduli untuk mencegah dan melawan diabetes,” tandas Nina Agustriana.

Kegiatan senam itupun dihadiri Yantie Rachim yang merupakan istri dari Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari