25 radar bogor

Sekolah Berbasis Budaya, SMA Plus PGRI Cibinong Helat PESAT FEST 2023

SMA Plus PGRI

CIBINONG – RADAR BOGOR, SMA Plus PGRI Cibinong menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara yang dikemas dalam kegiatan PESAT FEST 2023.

Baca Juga : Peringati Hari Pahlawan, HPDKI Bogor Raya Gelar Festival Ternak dan SKDG

Mengangkat tema “Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mencetak Kader Bangsa Yang Berkarakter Nasionis Sejati, Cerdas dan Taqwa”, kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMA Plus PGRI Cibinong dan di ruang kelas, Kamis (9/11/2023).

Ketua Panitia, Januar Ambarwati mengatakan, kegiatan Apresiasi Budaya Nusantara ini merupakan rangkaian dari PESAT FEST 2003.

Menampilkan 18 provinsi budaya nusantara yang ada di Indonesia, di antaranya budaya Batak, Sumatera, Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Riau, Maluku, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa timur, Jawa Tengah, Papua , Jogja, Sulawesi Utara, NTB dan NTT.

“Sebelumnya, masih dalam rangkaian kegiatan PESAT FEST 2023, SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan lomba-lomba untuk kelas 10 dan 11. Dan untuk hari ini adalah apresiasi Budaya Nusantara di kelas 12. Budaya Nusantara ini ada 18 provinsi, karena kelas 12 ada 18 kelas, masing-masing kelas mewakili satu provinsi yang ada di Indonesia,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi pembelajaran dari pelajaran seni budaya dan beberapa mata pelajaran di SMA Plus PGRI Cibinong.

Terlebih, sejak tahun 2008 sekolah tersebut dideklarasikan sebagai Sekolah Kader Bangsa dan Sekolah Berbasis Budaya Bangsa.

“Biasa kan pembelajaran di dalam kelas sekarang diwujudkan dalam kreativitas anak-anak. Bukan hanya mata pelajaran akan tetapi belajar untuk bekerjasama, berkreativitas untuk saling menghargai. Untuk hari ini juga ada lomba-lomba untuk kelas 10 dan 11 ada puisi di taman Kader Bangsa, di lapangan utama ada Rampak Sekar dan fashion show”, terangnya.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam terlaksana dan suksesnya acara ini.

“Tetap semangat anak-anak‚ĶTerimakasih atas dukungan dan kerjasama kepada semua pihak yang terlibat dalam terlaksananya kegiatan ini”, ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Senior Iwan Cakrayana mengungkapkan, kegiatan festival budaya ini masuk tahun ke-14. Dia menilai, di era sekarang anak muda cenderung meninggalkan atau tidak peduli dengan budaya negaranya sendiri.

“Kegiatan ini salah satu upaya kita sekolah untuk bagaimana anak-anak itu bangga dengan budaya negaranya sendiri,” tuturnya.

Dia berharap, anak-anak muda generasi sekarang lebih peduli dan merasa bangga dengan budayanya sendiri. Melalui event ini, anak-anak dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dari informasi-informasi yang didapat dari daerah-daerah di Indonesia.

Baca Juga : Ketua DPRD Rudy Susmanto Sambut Baik Pembentukan JJB

“Nanti di akhir acara ini ada pemilihan stand terbaik dari kepala sekolah akan memberikan apresiasi,” imbuhnya.

Selain itu Iwan berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi juga sekolah-sekolah atau lembaga lain untuk bisa juga mendorong anak-anak untuk lebih menggali lagi budaya-budaya yang ada di Indonesia. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep