25 radar bogor

Baru Beroperasi Akhir November Ini, Perumda PPJ Ungkap Penyebab Molornya Peresmian Pasar Tanah Baru

pasar tanah baru
Pembangunan Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, terus digeber. Pembangunannya hampir rampung dan bakal dibuka tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) kembali menjanjikan waktu beroperasinya Pasar Tanah Baru.

Pasar yang berlokasi di Jalan Raden Kan’an, Kecamatan Bogor Utara itu disebut akan diresmikan di akhir Bulan November 2023 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir. Ia menjelaskan, pasar itu kini masih dibenahi dan tengah menjalani proses uji kelayakan.

Selain itu pihaknya juga masih menunggu jadwal Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Muzakkir beralasan mundurnya pengoperasian Pasar Tanah Baru diakibatkan adanya perbaikan di beberapa bagian pasar.

Baca juga: Kenalkan Rubo di Tanah Baru, Dorong Peningkatan Ekonomi Warga

“Pasar ini sudah lama jadi tapi belum ditempatin, jadi gedungnya ada bocor keramik rusak. Kami cat ulang. Ini lagi proses pengerjaan,” tuturnya.

“Saya belum dapat jadwal Pak Wali Kota bisa meresmikannya tanggal berapa. Di atas tanggal 28 November bisa diresmikan. Fixnya saya akan cocokan dengan jadwal Pak Wali Kota,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Pasar Tanah Baru memiliki total 140 unit kios dan los serta 6 rumah toko (Ruko).

Dengan rincian kios berukuran 2×3 meter sebantak 13 unit, kios 2,5×3 meter 1 unit, dan los 2×2 metee 126 unit.

Muzakkir mengatakan pihaknya sudah mulai mensosialisasikan dan mendata ulang pedagang yang akan berjualan di pasar ini.

Calon pedagang yang diutamakan ialah masyarakat setempat yang sudah memiliki bisnis serta masyarakat yang berminat menjadi pedagang.

Baca juga: Mundur Lagi, Pasar Rakyat Tanah Baru Diprediksi Beroperasi Akhir Agustus 2023

Pedagang yang boleh memesan (booking) lapak di pasar ini disebut Muzakkir wajib berjualan. Sebab jika tidak akan dialihkan ke orang lain.

Sementara itu karena Pasar Tanah Baru hanya memiliki 1 lantai, maka pemetaan (zoning) yang diterapkan, ialah ruko diperuntukkan bagi pedagang pakaian, dan bagian dalam pasar ditempati oleh pedagang basah seperti sembako dan sayuran.

Peresmian Pasar Tanah Baru akan dibarengi pula oleh Pasar Pamoyanan, yang juga direvitalisasi oleh Perumda PPJ. Pasar ini juga tengah menjalani proses uji kelayakan.

Berbeda dari Pasar Tanah Baru, Muzakkir mengklaim Pasar Pamoyanan yang berlokasi di Kecamatan Bogor Selatan tidak mengalami keterlambatan. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari