25 radar bogor

Naik 12 Persen, Bisnis di Tiongkok Berkembang Pesat dari Tahun Lalu

Pasar Tiongkok
Ilustrasi Perdagangan Di Tiongkok

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kegiatan bisnis di Tiongkok terus berkembang ke arah yang lebih positif. Usaha bisnis baru terus mengalami peningkatan di sembilan bulan pertama tahun ini.

Baca Juga : IHSG Bergerak Melemah di Tengah Penguatan Bursa Kawasan dan Global

Hal tersebut menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah yang menguntungkan telah meningkatkan kepercayaan pasar.

Dikutip JawaPos.com dari Xinhua, terdapat sekitar 24,81 juta badan usaha baru yang didirikan di Tiongkok selama periode Januari-September.

Data tersebut menyatakan ada kenaikan 12,7 persen dibandingkan tahun lalu menurut data yang dirilis oleh Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar (SAMR) pada hari Selasa (7/11).

Dari total persentase kenaikan tersebut, jumlah perusahaan baru meningkat sebesar 15,4 persen. Selain itu, jumlah usaha rumahan juga meningkat sebesar 11,7 persen.

Jumlah perusahaan baru yang didanai asing melonjak 29,3 persen dibandingkan tahun lalu, dan jumlah perusahaan swasta tumbuh sekitar 15,3 persen.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa ekspektasi pasar menuju ke arah yang lebih baik dan pulihnya kepercayaan pada sektor bisnis, kata SAMR seraya menekankan bahwa pasar Tiongkok tetap menjadi tujuan investasi yang populer. Peningkatan substansial dalam pendaftaran usaha terjadi secara konsisten, baik di bidang pertanian tradisional maupun jasa modern.

Sektor akomodasi dan katering yang paling ambruk selama periode epidemi COVID-19, dilaporkan mengalami peningkatan pendaftaran usaha baru sebesar lebih dari 40 persen.

Badan usaha dan pasar bisnis Tiongkok telah mengalami momentum pertumbuhan yang lebih kuat.

Hal tersebut juga didukung dengan serangkaian kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan permintaan domestik, menumbuhkan kepercayaan dan mendukung perekonomian swasta.

SAMR optimis pasar usaha Tiongkok  akan terus tumbuh dan terus bertekad untuk melakukan lebih banyak upaya demi menciptakan lingkungan bisnis yang adil dan teratur.

Hingga akhir September, jumlah badan usaha terdaftar secara nasional di Tiongkok mencapai 181 juta, naik 6,7 persen dibandingkan akhir tahun 2022.

Baca Juga : Dolar AS Menguat Didorong Oleh Sikap Hawkish Pejabat Fed

Deskripsi singkat: Kegiatan usaha di Tiongkok mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal itu terlihat dari adanya 24,81 juta usaha baru yang didaftarkan hingga September tahun ini. (jpg)

Editor : Yosep/Maura-pkl