25 radar bogor

Gelar BLS Episode 8, Belantara Foundation Sosialisasikan Perdagangan Karbon

Belantara Foundation
Organisasi nirlaba global, Belantara Foundation kembali menggelar program Belantara Learning Series Episode ke-8.

BOGOR-RADAR BOGOR, Organisasi nirlaba global, Belantara Foundation kembali menggelar program Belantara Learning Series Episode ke-8. Seminar nasional ini berlangsung di Gedung Graha Pakuan Siliwangi, Universitas Pakuan (Unpak) pada Senin (6/11/2023).

Baca Juga : Unpak Dies Natalis ke-43, Beberkan Sejumlah Prestasi

Pada kesempatan ini, Belantara Foundation mengangkat topik soal pengenalan dan perdagangan karbon di Indonesia.

Direktur Eksekutif Belantara Foundation, Dolly Priatna menjelaskan BLS Eps 8 ini bertujuan memberikan informasi kepada para peserta tentang regulasi dan kebijakan perdagangan karbon, nilai ekonomi serta pendugaan karbon hutan dan limbah serta prosedur dan mekanisme perdagangan karbon di Indonesia.

“Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi telah meluncurkan Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) yang izin usahanya telah diberikan kepada BEI oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). IDXCarbon sebagai Penyelenggara Bursa Karbon menyediakan sistem perdagangan yang transparan, teratur, wajar, dan efisien,” ujarnya.

Ia berharap, seminar ini bisa mengajak seluruh pihak untuk menurunkan emisi di 5 bidang yakni kehutanan, energi, transportasi, sampah dan industri. Seminar ini juga diharapkan bisa menjangkau target.pemerintah yakni zero emition di tahun 2060.

BLS Eps 8 diikuti oleh perusahaan yang akan berpartisipasi dalam pengurangan emisi, pengembang karbon, akademisi, hingga penggiat lingkungan.

Tak sendirian, Belantara Foundation bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pakuan, PT. Syslab, Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat, IDXCarbon, PT. Gaia Eko Daya Buana.

Selain Unpak, Belantara Foundation juga menggandeng Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Tanjungpura dan Universitas Nusa Bangsa.

Baca Juga : Gelar PKPA, SPS Unpak Bertekad Lahirkan Advokat Handal

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Unpak Dr. Griet Helena Laihad, berharap seminar ini juga dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitas mahasiswa, praktisi, pemerintah, dab sektor swasta tentang regulasi dan kebijakan perdagangan karbon. “Diharapkan juga dapat mendorong penelitian terkait karbon hutan dan limbah di Indonesia,” imbuhnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep