25 radar bogor

Imbas Longsor, Pemkot Pindahkan Kantor Damkar Sektor Yasmin

Kantor Damkar Kota Bogor sektor Yasmin yang longsor. Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana memindahkan kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Yasmin ke tempat yang lebih ke lahan baru seluas 1.000 meter.

Hal itu dilakukan imbas longsornya area parkir Damkar Sektor Yasmin, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, pada Selasa (31/10).

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, longsor area parkir Damkar Sektor Yasmin yang terjadi pada Selasa (31/10), disebabkan karena cuaca ekstrim di Kota Bogor.

Kejadian itu pun membuat sebagian area parkir itu tampak rusak berat dan tidak bisa digunakan lantaran tembok penahan tanah di bawah tebingan tergerus aliran sungai.

Menurut dia, disekitar lokasi ini pihaknya mengaku memiliki alternatif lahan aset milik Pemkot Bogor yang mungkin dapat dipakai dan lebih strategis untuk kantor Damkar Sektor Yasmin.

“Ini kan hanya 500 meter. Tapi di tempat lain mungkin lahan kita di atas 1.000 meter,” kata Dedie A Rachim.

Baca juga: Area Parkir Kantor Damkar Kota Bogor Sektor Yasmin Amblas

Dedie A Rachim mengatakan, pemindahan kantor Damkar tersebut mengingat penanganan untuk perbaikan membutuhkan anggaran yang besar dan intensif.

“Nanti dilihat dan kemudian diajukan kepada PUPR, untuk penanganan kedaruratan bisa alternatif kantor yang sementara atau yang baru,” ucapnya.

Sementara ini, kantor Damkar Yasmin memang masih bisa digunakan.

Namun demikian, aktivitasnya terganggu karena dampak longsor yang cukup prah.

“Gedung masih bisa dipakai, tapi namanya juga longsor rawan, haris dihitung betul,” katanya.

Baca juga: 10 Kecamatan Dilanda Bencana, Angin Kencang hingga Longsor

Saat ini, untuk sementara unit Damkar dipindahkan di Cibuluh dan Sukasari.

Oleh karenanya, Dedie A Rachim menyebut Pemkot Bogor harus segera mencarikan alternatif di lokasi yang paling terdekat, yang akan diajukan untuk dibangun sebagai pengganti lokasi yang saat ini longsor.

“(Alternatif) sementara tetapi masih di area sekitaran Yasmin supaya bisa mengcover area Bogor Barat dan Tanah Sareal,” tandas Dedie A Rachim.

Sebelumnya, Hujan deras disertai angin kencang yang menghujam Kota Bogor pada Selasa (31/10) berakibat pada longsornya area parkir Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Yasmin, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat.

Kejadian itu pun membuat sebagian area parkir itu tampak rusak berat dan tidak bisa digunakan. (ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari