25 radar bogor

Ada Perubahan Data, Penerima Bantuan Beras 10 Kg Jadi 20,66 Juta Keluarga

ilustrasi beras
ilustrasi beras bulog

JAKARTA-RADAR BOGOR, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mengumumkan telah ada perubahan data penerima bantuan beras 10 kilogram. Yakni dari sebelumnya 21,353 juta menjadi 20,66 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga : Prabowo Tinjau Pembangunan Gedung Akmil di Magelang

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani mengatakan, pemutakhiran tersebut berdasar validasi dari Kementerian Sosial (Kemensos). Data para penerima manfaat mengalami perubahan karena meninggal dunia, pindah lokasi, maupun telah dianggap mampu.

”Hal ini sejalan dengan hasil evaluasi yang dilakukan Ombudsman RI, Perum Bulog, ID FOOD, Satgas Pangan Polri, dan seluruh dinas provinsi yang menangani urusan pangan, sosial, serta Kanwil BKKBN dan dinas keluarga berencana 7 wilayah yakni Sumut, Banten, Jabar, Jatim, Jateng, Jatim, NTT, dan Sulbar,” papar Rachmi Widiriani.

Dari hasil evaluasi tersebut, lanjut Rachmi, terdapat tiga aspek yang perlu diperkuat. Yakni pemutakhiran data penerima, kualitas bantuan, dan mekanisme penggantian.

”Kami terus melakukan penyempurnaan terhadap mekanisme penyaluran ini tentunya dengan masukan dari berbagai stakeholder, sehingga dengan adanya perpanjangan bantuan pangan beras sebagaimana arahan presiden, penyalurannya akan semakin baik dan benar-benar menyasar masyarakat yang membutuhkan,” kata Rachmi dalam keterangan tertulis, Senin (30/10).

Selain itu, Rachmi menjelaskan, untuk menjaga kualitas bantuan pangan, NFA akan mempersiapkan alat tracking bagi para transporter untuk memantau pergerakan penyaluran bantuan pangan di lapangan. Hal itu guna meminimalkan potensi kerusakan barang pada saat pengiriman.

”Upaya ini penting untuk menjaga kualitas produk pangan tersebut tetap terjaga hingga sampai di tangan penerima bantuan,” jelas Rachmi Widiriani.

”Selain itu, kita akan menyiapkan hotline dan unit khusus untuk menangani pengaduan dari masyarakat. Unit ini terdiri dari petugas lintas kementerian/lembaga yang secara cepat akan menindaklanjuti keluhan dan saran masyarakat,” tambah Rachmi.

Sebelumnya, bantuan pangan beras sebanyak 10 kg per bulan disalurkan kepada 21,353 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sesuai data Kementerian Sosial. Kedua bantuan pangan disalurkan dalam dua tahap, masing-masing tahap terdiri atas tiga bulan atau tiga kali penyaluran.

Tahap pertama, penyaluran bantuan pangan dilakukan pada April, Mei, dan Juni. Penyaluran bantuan pangan beras melalui Perum Bulog rampung 100 persen pada Juli.

Baca Juga : Homestay Bantuan BRI Peduli Tingkatkan Kapabilitas Warga Desa Kuta Lombok

Sementara bantuan daging ayam ras dan telur ayam ras melalui ID FOOD rampung 100 persen pada September.(jpg)

Editor : Yosep/Taufik-Pkl