25 radar bogor

Geng Paramiliter Brazil,bakar 35 Bus di Kota Rio De Janeiro

BRAZIL- RADAR BOGOR, Setelah gangster paramiliter melancarkan serangan terhadap sistem transportasi umum Rio, Gubernur negara bagian Rio de Janeiro, Cláudio Castro, berjanji akan melakukan serangan balik.

Dilansir dari The Guardian, dalam kejadian tersebut setidaknya 36 bus, empat truk dan sebuah kereta api pada hari Senin yang dibakar.

Baca Juga : Brazilian BBQ Hadir untuk Santap Malam Tematik ala Aston Bogor

Sebuah media lokal kejadian ini merupakan salah satu serangan kriminal terbesar dalam sejarah di Rio.

Serangan tersebut dilaporkan sebagai pembalasan atas pembunuhan seorang pemimpin paramiliter senior bernama Matheus da Silva Rezende oleh pasukan khusus polisi.

“Dia dikenal sebagai Penguasa Perang,” kata Gubernur sayap kanan Rio pada konferensi pers darurat hari Senin malam.

Terjadinya kekerasan yang sangat dramatis bahkan bagi negara yang telah berpuluh-puluh tahun berjuang melawan kejahatan yang merenggut ribuan nyawa setiap tahunnya, membuat sebagian kota paling terkenal di Brasil terhenti dan memaksa sedikitnya 45 sekolah tutup.
Surat kabar O Globo menyatakan “Rio sedang di kepung, Balai Kota mendesak warga untuk menghindari daerah yang terkena dampak karena kejadian berdampak tinggi.”

“Bagian barat terbakar,” kata spesialis keamanan Cecília Olliveira, pendiri kelompok pemantau kekerasan bernama Fogo Cruzado.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan puluhan penumpang melemparkan diri mereka dari satu bus ketika para penjahat bersiap untuk membakarnya dan asap hitam tebal membumbung ke langit.
Serangan dilaporkan terjadi di sembilan wilayah berbeda yaitu Cosmos, Campo Grande, Inhoaíba, Guaratiba, Madureira, Paciência, Santa Cruz, Sepetiba dan Recreio dos Bandeirantes, yang memiliki sekitar satu juta orang penduduk.

Baca Juga : Tak Seperti Indonesia, Brazil Tolak Vaksin Tiongkok Lantaran Tidak Mau Jadi Kelinci Percobaan!

Laporan pejabat pemerintah dan media mengaitkan kekerasan tersebut dengan milícias (milisi) yang sangat ditakuti kelompok mafia yang memiliki hubungan politik dan telah menguasai sebagian besar wilayah Rio selama dua dekade terakhir. (JPG)

Editor : Yosep/Zulham-pkl