25 radar bogor

Soal Arah Dukungan Jokowi di Pilpres 2024, Puan Sebut Presiden Jaga Situasi

Ketua DPR RI, Puan Maharani.

BOGOR-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara soal arahan dukungannya di Pilpres 2024 mendatang.

Usai Apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023), Jokowi menyebut mendukung semua calon demi kebaikan negara.

Jokowi menegaskan tidak memihak ke salah satu calon. Ia mengaku mendukung semua calon demi kebaikan negara.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” tegasnya kembali.

Sebelumnya diketahui, Ketua DPP Puan Maharani bicara terkait arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) buntut relawan Projo, mendukung Prabowo Subianto. Puan mengaku juga ingin tahu apakah Jokowi masih mendukung Ganjar Pranowo pasca-Menko Polhukam Mahfud Md dideklarasikan sebagai cawapres.

“Pertanyaannya harus ditanyakan Pak Jokowi bukan ke saya, jadi nanti ditanyakan ke Presiden kalau udah pulang masih dukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain,” kata Puan di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Jokowi Dukung Semua Capres-Cawapres dalam Pilpres 2024

Puan Maharani mengapresiasi pernyataan Jokowi. Menurutnya, Jokowi menunjukkan sikap seorang negarawan.

“Ya itu memang seorang negarawan harus seperti itu, nggak menyatakan dukungannya kepada salah satu calon dalam kontestasi Pilpres yang akan datang,” kata Puan usai Apel Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Puan menyebut apa yang dikatakan Jokowi bentuk sikap kenegarawan dan menunjukkan ketidakberpihakan presiden terhadap salah satu calon di Pilpres 2024.

Baca juga: Sesalkan Bentrokan di Pulau Rempang, Puan Maharani: Seharusnya Aparat Bisa Lebih Humanis

“Justru apa yang disampaikan beliau itulah betul-betul seorang negarawan,” jelasnya.

Puan ingin Presiden Jokowi menjaga situasi aman, tentram di tahun politik 2024 dengan tidak berpihak ke salah satu calon.

“Presiden Republik Indonesia tidak boleh berpihak dalam kontestasi Pilpres yang akan datang, karena berkeinginan agar jalannya pesta demokrasi tahun 2024 itu bisa berjalan dengan baik, lancar, adem, ayem, gembira, rakyat tidak tertekan, tidak deg-degan. Saya apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi,” tegasnya.

Editor: Rany Puspitasari