25 radar bogor

Profil Gibran, Anak Presiden Doyan Berbisnis Katering yang Kini Maju di Pilpres 2024

Gibran Rakabuming
Illustrasi Foto., Gibran Rakabuming Raka dipanggil oleh Bawaslu DKI Jakarta terkait pembagian susu di acara CFD

BOGOR-RADAR BOGOR, Prabowo Subianto secara mengejutkan memilih nama Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024.

“Selamat malam saudara saudara sekalian. Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus semuanya sepakat mengusung Prabowo Subianto untuk capres dan saudara Gibran Rakabuming dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

Nama cawapres diumumkan setelah Prabowo menggelar rapat bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta.

“Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, dan Partai Prima yang dihadiri lengkap ketum dan sekjen masing masing,” ujarnya.

Baca juga: Prabowo dan Gibran Resmi Maju di Pilpres 2024, Mendaftar ke KPU pada 25 Oktober 2023

Prabowo memastikan, dirinya bersama Gibran akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober 2023.

Adapun dua pasangan capres-cawapres sebelumnya yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah lebih dulu mendaftar ke KPU.

Melansir dari laman resmi Kepustakaan Presiden-Presiden RI, Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu kakak dari Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Gibran telah menikah dengan Selvi Ananda. Pernikahan keduanya sudah dikaruniai dua anak, yakni Jan Ethes Srinarendra (laki-laki) dan La Lembah Manah (perempuan).

Sejak kecil Gibran menetap di Solo, namun saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya hijrah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya di tahun 2007, Gibran lulus dari Managemnet Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Bahkan pria yang sudah tertarik berbisnis katering sejak menduduki bangku perkuliahan ini sukses diusianya yang masih muda sehingga dinobatkan sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Baca juga: Gibran Resmi Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Pada 2021, Gibran terpilih menjadi Wali Kota Solo melalui Pilwalkot Solo. Ia berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Hal tersebut dituangkan dalam berita acara yang dibacakan oleh Ketua KPU Solo Nurul Sutarti. Disebutkan bahwa Gibran-Teguh menang dengan perolehan 86,54 persen suara.

“Menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 nomor urut 1 dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen dari total suara sah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih,” kata Nurul, Kamis (21/1/2021). (*)

Editor: Rany Puspitasari