25 radar bogor

Perkuat Jaringan, Baznas Kota Bogor Gelar Bimtek UPZ Sekolah

Baznas
Baznas Kota Bogor menggelar silahturahmi dan bimtek UPZ sekolah se-Kota Bogor di Plaza PPIB Bogor selama tiga hari mulai 18-20 Oktober 2023.

BOGOR-RADAR BOGOR, Baznas Kota Bogor menggelar silahturahmi dan bimtek UPZ sekolah se-Kota Bogor di Plaza PPIB Bogor selama tiga hari mulai 18-20 Oktober 2023, dihadiri 151 UPZ sekolah yang sudah terdaftar sebagai UPZ di Baznas Kota Bogor.

Baca Juga : Baznas Tempel Barcode QRIS di Shelter Biskita, Mudahkan Masyarakat Berinfak

Wakil Ketua III Baznas Kota Bogor Romdoni S.Ag dalam sambutan acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama dari semenjak dibentuk UPZ sekolah oleh Baznas Kota Bogor pada 20 Maret 2023, tentang kolaborasi penghimpunan dan pendistribusian dana zakat infaq di masing-masing UPZ sekolah se-Kota Bogor.

“Untuk mengoptimalkan pengumpulan dana infaq khususnya dan membantu para siswa yang kurang mampu disekolah masing-masing, maka gerakan infaq siswa dapat menjadi solusi,” ujarnya.

Dengan dibentuknya UPZ di sekolah dapat menjadi payung hukum sesuai dengan undang-undang 23 tahun 2011 pasal 16, dan peraturan Baznas no 2 tahun 2016, Agar sekolah dapat mengumpulkan dana infaq secara legal dan tidak dianggap pungutan liar.

“Tentu dalam pengoperasionalannya UPZ di sekolah tetap harus berkoordinasi dengan Baznas salah satunya dengan membuat Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) UPZ, sehingga segala kegiatan UPZ menjadi terukur dan terarah” ujar Subhan Murtadla, S.Ag, M.E Wakil Ketua I Baznas Kota Bogor.

Sesuai amanat undang-undang, Baznas diamantkan untuk menghimpun zakat, infaq dan sedekah. Subhan mengatakan pihaknya juga ingin mendidik dan membangun kepedulian sosial diantara para siswa.

Baca Juga ; Gandeng Baznas dan Pegadaian Syariah, Bangkitkan Usaha Petani MileniaL

Dengan pemanfaatan di sekolah itu sendiri kami tidak ingin lagi mendengar ada siswa yang kekurangan dana pendidikan, tidak punya sepatu, tidak punya seragam, tas, dan lainya. Itu bisa diselesaikan oleh UPZ sekolah yang menghimpun dana infaq sedekah melalui kegiatan Gemar Infak. (*)

Editor : Yosep