25 radar bogor

Libatkan Pramuka Kota Bogor, Mafindo Kampanyekan Lawan Hoaks

Mafindo bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor, menyelenggarakan Kampanye Prebunking dalam agenda Perkemahan Wirakarya Cabang Kota Bogor 2023 sebagai upaya pencegahan hoaks.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau Mafindo bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor, menyelenggarakan Kampanye Prebunking dalam agenda Perkemahan Wirakarya Cabang Kota Bogor 2023 sebagai upaya pencegahan hoaks.

Baca Juga : Toko Es Krim Pajajaran Dibobol Maling, Handphone dan Uang Rp1 Juta Raib

Kegiatan ini digelar pada Sabtu (14/10/2023) dan diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai perwakilan pramuka se-Kota Bogor.

Dalam agenda Perkemahan Wirakarya Cabang Kota Bogor 2023 yang mengusung slogan “Objektif, Kolaboratif, Eksploratif” ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan mengidentifikasi dan mengecek kebenaran informasi, serta menyebarkan informasi yang akurat dan bermanfaat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang, seperti akademisi, jurnalis, dan praktisi media sosial.

Koordinator Wilayah Mafindo Bogor, Ahmad Ubaedillah mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan literasi digital dan budaya literasi di kalangan pramuka.

“Kami ingin para pramuka dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarkan informasi yang akurat dan bermanfaat,” kata Ubaedillah.

Peserta Kampanye Prebunking mengikuti berbagai materi, mulai dari pengenalan hoaks, cara mengidentifikasi hoaks, hingga cara menyebarkan informasi yang akurat.

Selain itu, materi juga di kemas dalam bentuk fun games sehingga peserta akan lebih memahami bagaimana mengenali berita palsu atau hoaks yang menyebar di masyarakat.

Adapun, prebunking adalah upaya pencegahan penyebaran misinformasi dengan cara membuat konten periksa fakta.

Upaya penyelenggaraan Kampanye prebunking merupakan salah satu langkah positif dalam meningkatkan perhatian anggota masyarakat tentang upaya mencegah hoaks.

Salah satu peserta Kampanye Prebunking, Ali, mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru dari kegiatan ini.
“Saya jadi tahu cara mengidentifikasi hoaks dan menyebarkan informasi yang akurat,” tukas Ali.

Kampanye Prebunking ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran hoaks di masyarakat.

Mafindo dan Gerakan Pramuka berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi digital dan budaya literasi di kalangan pramuka.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep