25 radar bogor

Kembali Gelar SKCK Goes To School, Polresta Bogor Kota Ajak Pelajar Belajar Hidroponik Hingga Bersih-Bersih Sungai

Polresta Bogor Kota kembali mengajak sejumlah pelajar Kota Bogor mengikuti kegiatan SKCK Goes To School di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara pada Sabtu (14/10) pagi. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Polresta Bogor Kota kembali mengajak sejumlah pelajar Kota Bogor mengikuti kegiatan SKCK Goes To School di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara pada Sabtu (14/10) pagi.

Di kesempatan kali ini, puluhan pelajar yang berasal dari sejumlah SMA dan SMK itu diajarkan pengalaman bertani dengan metode hidroponik oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Dewasa (KTD) yang ada di lingkungan tersebut.

Para pelajar secara langsung melakukan praktek menanam, menyemai, menyortir tanaman-tanaman hasil pertanian hidroponik seperti bayam merah dan pakcoy.Kasat Intel Polresta Bogor Kota, Kompol Rezky Syam menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan bagi para pelajar.

Baca juga: Jumat Berkah, Kapolresta Bogor Kota Berikan Sarapan Gratis Hingga Ajang Warga Curhat

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengenalkan metode pertanian hidroponik yang bisa dikembangkan para pelajar di masa yang akan datang.

“SKCK Goes To School ini salah satu program Polresta Bogor Kota yang diperuntukkan bagi temanteman pelajar yang beberapa bulan lalu kami temukan di berbagai kegiatan kurang baik. Sebab menurut kami, mereka butuh pengawasan dan sarana untuk menyalurkan energi lebih yang mereka miliki,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Rezky menyebut total ada 184 pelajar yang mengikuti program SKCK Goes To School secara bergantian setiap minggunya. Mereka berasal dari 13 SMA dan SMK di Kota Bogor. Terdapat 3 kegiatan besar dalam program ini.

Pertama mengenai kedisiplinan dan tanggung jawab yang berisi kegiatan baris berbaris, olahraga, pembentukan karakter. Kedua kegiataj berbau kreatifitas seperti pembuatan sandal, sablon, dan pertanian hidroponik.

Baca juga: Dalami Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi UIKA Bogor, Satreskrim Polresta Bogor Kota Ungkapkan Hal Ini

Ketiga mengenai prestasi meliputi kegiatan pembinaan prestasi kejuaran.

“Mereka kami kenalkan dengan kegiatan-kegiatan itu dan kami gali minatnya apa. Upaya ini diharapkan bisa mengembangkan aktifitas yang tidak mereka dapat di sekolah,” imbuhnya.

Rezky mengatakan, para pelajar ini juga diajak bakti sosial dengan bersih-bersih sungai atau selokan yang banyak ditemukan di Kota Bogor. Hal ini diharapkan bisa membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Ke depan, Rezky menyebut, pihaknya tidak hanya menyasar pelajar SMA dan SMK sederajat saja melainkan juga pelajar SMP. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman

Editor: Rany Puspitasari