25 radar bogor

Pendidikan Dapat Menyelesaikan Kemiskinan, Ucap Ganjar

sedang mengisi kuliah kebangsaan di FISIP UI Dery Ridwansyah-5-1323880147 (1)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024, Telah Menyatakan bahwa pendidikan itu adalah sebagai kunci untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di indonesia.

Baca Juga: SMK Amaliah 1 dan 2 Diajak Mengingat Perjuangan Rasulullah SAW

“Penting untuk mencanangkan program satu keluarga miskin satu sarjana,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (11/10/23).

Hal tersebut disampaikan Ganjar di depan ribuan mahasiswa ketika sedang memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Kristen Maranatha Bandung, Jawa Barat.

“Saya orang yang meyakini bahwa untuk menyelesaikan problem kemiskinan, yang terbaik adalah dengan pendidikan. Karena saya sendiri contohnya,” ucap Ganjar Pranowo.

Dirinya menceritakan tentang dirinya yang berasal dari keluarga sangat sederhana hingga dapat berhasil seperti saat ini karena pendidikan.

Ganjar Pranowo mengungkapkan jika dahulu tidak bersekolah, maka mungkin nasibnya tidak seperti saat ini.
“Di situ peran negara hadir. Bagaimana agar seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses pendidikan dengan baik,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Ganjar memiliki pengalaman dalam memutus kemiskinan dengan pendidikan. Saat memimpin Jawa Tengah, Ganjar membuat sekolah “boarding” gratis untuk warga miskin bernama SMK Negeri Jateng.

“Semuanya gratis, tidur gratis, makan, sepatu, seragam, tas semuanya kami biayai. Dan yang bisa masuk ke sekolah itu syaratnya dari keluarga miskin,” kata Ganjar.

Ia mengklaim program yang dibangun tersebut terbukti mempunyai daya pengaruh yang luar biasa.

Anak-anak miskin yang terancam tidak bisa sekolah akhirnya dapat mengenyam pendidikan. Hebatnya, sekitar 100 persen lulusan dari sekolah yang dibuatnya tidak ada yang menganggur.

“Mereka bekerja di perusahaan besar, ada yang di Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan lainnya. Mereka menjadi tulang punggung keluarga. Saya terharu ketika mereka mengatakan bisa melunasi hutang keluarga, membeli rumah, tanah, dan lainnya. Mereka bisa mengangkat keluarga dari jurang kemiskinan,” ucapnya.

Karena itu, dirinya berharap program tersebut dapat diperluas di Indonesia. Ganjar Pranowo akan mendorong pendidikan gratis mulai PAUD hingga jenjang SMA.

“Kita ingin mendorong satu keluarga miskin satu sarjana. Kalau itu bisa terwujud, maka saya percaya kemiskinan bisa diselesaikan,” ujar Ganjar.

Ganjar sangat optimistis untuk mewujudkan visinya tersebut. Ganjar Pranowo mengungkapkan, untuk mewujudkannya, dibutuhkan kemauan dan “strong leadership” dalam pengambilan keputusan.

Dirinya berharap adanya kenaikan anggaran negara dua kali lipat, sistem pemerintahan harus digital dan adanya pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Gempa Kota Bogor Terasa Hingga Klapanunggal, BPBD : Kerusakan Belum Diketahui

Dalam hal itu, anggaran negara dapat membuat pembangunan infrastruktur, pendidikan maupun Kesehatan menjadi optimal. (jpg)

Editor: Yosep/Zenal-pkl